LAILATUL MUKAROMAH, 12205173026 (2021) PENERAPAN MEDIA DIGITAL DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV SAAT PANDEMI COVID-19 DI MI PLUS AL-ISTIGHOTSAH PANGGUNGREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (329kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (312kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (428kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (318kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (478kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (358kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (89kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (184kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Penerapan Media Digital dalam Meningkatkan Minat Belajar Kelas IV saat Pandemi Covid-19 di MI Plus Al-Istighotsah Panggungrejo” ini ditulis oleh Lailatul Mukaromah, NIM 12205173026, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dibimbing oleh Dr. H. Abd. Aziz,M.Pd.I Kata kunci : Media digital, Minat belajar, Pandemi Covid-19 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa problema yang muncul dalam kegiatan pembelajaran selama pandemi Covid-19 pada kelas IV-A, diantaranya yaitu minat belajar peserta didik cenderung meningkat atau menurun, kegiatan pembelajaran dilaksanakan secara daring dan merupakan hal baru bagi peserta didik serta pendidik harus menyajikan pembelajaran yang menyenangkan dan mudah diterima. Untuk itu, peneliti ingin mengamati bagaimana penerapan media digital sebagai upaya dalam meningkatkan minat belajar peserta didik selama pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan fokus penelitian yaitu; 1) Bagaimana desain media digital dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas IV MI Plus Al-Istghotsah. 2) Bagaimana menumbuhkan minat belajar siswa dalam menggunakan media digital kelas IV MI Plus Al-Istghotsah, 3) Bagaimana efektivitas media digital dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas IV MI Plus Al-Istghotsah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dn penarikan kesimpulan. Kemudian untuk pengecekan keabsahan temuan menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Tahap-tahap penelitian terdiri dari tahap pra-lapangan, tahap pekerjaan lapangan, dan tahap analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) desain media digital saat pandemi adalah melakukan perencanaan, pelaksanaan yang terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup, evaluasi atau penilaian. 2) cara menumbuhkan minat belajar peserta didik dapat dilakukan beberapa program yaitu; berinovasi dalam pembelajaran, menyusun bahan ajar, metode yang tepat, aplikasi yang sesuai dengan situasi dan kondisi . 3) efektivitas media digital dapat dilihat dari manfaatnya yaitu membantu peserta didik yang pasif, membantu pendidik dalam menjalankan tugas, membantu menyajikan informasi dan intruksi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Minat Belajar Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205173026 LAILATUL MUKAROMAH |
Date Deposited: | 07 Jan 2022 07:38 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 05:06 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23942 |
Actions (login required)
View Item |