PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME LIMAS PESERTA DIDIK KELAS VIII MTsN ARYOJEDING

MA’RIFAH, SULIS (2011) PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME LIMAS PESERTA DIDIK KELAS VIII MTsN ARYOJEDING. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB I.docx

Download (31kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (73kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (57kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (69kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (20kB)
[img] Text
COVER-ABSTRAK.docx

Download (38kB)
[img] Text
JUDUL SKRIPSI.docx

Download (120kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Pendekatan Kontekstual Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Luas Permukaan dan Volume Limas Siswa Kelas VIII MTsN Aryojeding.” ini ditulis oleh Sulis Ma’rifah, NIM. 3214073074, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Matematika (PMT), STAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Ibu Ummu Sholihah, M.Si. Kata Kunci : Pendekatan Kontekstual, Prestasi Belajar Matematika Pembelajaran kontekstual merupakan suatu konsep belajar dimana guru menghadirkan situasi dunia nyata ke dalam kelas dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Sedangkan prestasi belajar adalah hasil yang diperoleh berupa kesan-kesan yang mengakibatkan perubahan dalam diri individu sebagai hasil dari aktivitas dalam belajar. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Apakah ada pengaruh pendekatan kontekstual terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan luas permukaan dan volume limas siswa kelas VIII MTsN Aryojeding. (2) Seberapa besar pengaruh pendekatan kontekstual terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan luas permukaan dan volume limas siswa kelas VIII MTsN Aryojeding. Dalam penelitian ini digunakan metode tes, dokumentasi, observasi dan wawancara (interview). Metode tes digunakan untuk melihat prestasi belajar matematika siswa di MTsN Aryojeding Tulungagung. Sedangkan metode dokumentasi, observasi dan wawancara digunakan untuk menggali data tentang keadaan siswa sebelum penelitian, populasi, sampel, sarana dan prasarana pendidikan dan dokumen sekolah. Setelah penulis mengadakan penelitian dengan menggunakan beberapa metode diatas, akhirnya penulis mendapatkan data berupa nilai tes matematika. Maka data tersebut kemudian penulis analisis dengan menggunakan rumus uji ”t” test. Setelah data dianalisis dengan menggunakan penghitngan manual dan SPSS, akhirnya dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pendekatan kontekstual terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan luas permukaan dan volume limas siswa kelas VIII MTsN Aryojeding dengan t hitung = 3,553 yang nilai ”t” hitungnya lebih besar dari nilai ”t” tabel pada taraf signifikansi 1% maupun 5%. Dengan demikian hipotesis alternatif diterima. Sedangkan dengan menggunakan SPSS menghasilkan nilai Sig = 0,001 < 0,05. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan dengan penghitungan manual bahwa besarnya pengaruh dari pembelajaran dengan pendekatan kontekstual terhadap prestasi belajar adalah sebesar 10,007 %. Sedangkan dengan penghitungan menggunakan SPSS besarnya pengaruh dari pembelajaran dengan pendekatan kontekstual terhadap prestasi belajar sebesar 9,9957 %. Nilai ini berbeda tipis dengan penghitungan manual dikarenakan pada proses pembulatan angka yang tidak sama.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 28 Sep 2015 03:49
Last Modified: 28 Sep 2015 03:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2395

Actions (login required)

View Item View Item