STRATEGI GURU PAI DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK KELAS XI di SMA AN-NASHIH BUMI AGUNG KAB.WAY KANAN LAMPUNG

ASMARITAFAUZIA, 12201173061 (2021) STRATEGI GURU PAI DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK KELAS XI di SMA AN-NASHIH BUMI AGUNG KAB.WAY KANAN LAMPUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (475kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (495kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (426kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (880kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (364kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru PAI dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Quran Peserta Didik Kelas XI di SMA An-Nashih Bumi Agung Kab.Way Kanan Lampung” ini ditulis oleh Asmaritafauzia. NIM. 12201173061. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing: Nany Soengkono Madayani, SS. M.Pd Kata Kunci: Strategi Guru PAI, Al Quran, Al-Qur‟an merupakan kitab suci umat Islam, oleh karena itu sudah sepatutnya sebagai umat islam dituntut untuk dapat membaca Al-Qur‟an. Namun faktanya masih banyak yang kesulitan untuk membaca Al-Qur‟an. Salah satunya adalah para siswa kelas XI di SMA An-Nashih Bumi Agung khususnya tentang ilmu tajwid dan makhrajnya. Kesulitan ini terjadi karena siswa kurang mampu mengaplikasikan ilmu tajwid yang dimilikinya ketika membaca Al-Qur‟an, serta kurang termotivasinya siswa oleh orang tua sendiri. di SMA An-Nashih ini juga dijumpai beberapa siswa yang masih terbata-bata dalam membaca Al-Qur‟an. Berdasarkan hal tersebut, maka perlu strategi dari guru khususnya dari guru PAI agar dapat mengatasi kesulitan dalam membaca Al-Qur‟an yang dialami siswa dan menjadikan siswa FASIH dalam membaca Al-Qur‟an. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui perencanaan strategi guru pai mengatasi kesulitan peserta didik dalam membaca al-qur‟an di SMA An-Nashih Bumi Agung Way Kanan Lampung, (2) untuk mengetahui pelaksanaan strategi guru pai mengatasi kesulitan peserta didik dalam membaca al-qur‟an di SMA An-Nashih Bumi Agung Way Kanan Lampung, dan (3) untuk mengetahui evaluasi strategi guru pai mengatasi kesulitan peserta didik dalam membaca al-qur‟an di SMA An-Nashih Bumi Agung Way Kanan Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber datanya yaitu guru PAI dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan kepercayaan dan triangulasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) perencanaan strategi guru PAI dalam mengatasi kesulitan peserta didik dalam membaca al-qur‟an di SMA An Nashih Bumi Agung Way Kanan Lampung, yaitu mengadakan kegiatan membaca Al-Qur‟an diadakan 2 kali dalam seminggu, setiap awal tahun pembelajaran guru guru menyusun perangkat pembelajaran SESUAI dengan mapelnya, dan mengetes kemampuan siswa. (2) Pelaksanaan strategi guru PAI dalam mengatasi kesulitan peserta didik dalam membaca al-qur‟an di SMA An-Nashih Bumi Agung Way Kanan Lampung, yaitu menyuruh siswa untuk banyak mengulang-ngulang pelajaran, memberikan bacaan sepotong-sepotong ayat setiap pertemuan kepada siswa dan setiap satu ayat dijelaskan cara pengucapan makhrajnya yang benar, setiap pertemuan hanya diberikan 3 atau 4 ayat saja agar siswa tersebut lebih mudah dalam memahaminya sesuai dengan makhraj dan hukum ilmu tajwid yangbenar dan juga menggunakan metode ceramah. (3) Evaluasi strategi guru PAI dalam mengatasi kesulitan peserta didik dalam membaca al-qur‟an di SMA An Nashih Bumi Agung Way Kanan Lampung, yaitu adanya ujian praktik sekolah yang dilakukan oleh guru PAI dalam membaca Al-Qur‟an yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa tersebut.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Agama > Al Quran
Pendidikan > Kesulitan Belajar
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173061 ASMARITAFAUZIA
Date Deposited: 08 Jan 2022 01:33
Last Modified: 17 Jan 2022 04:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23953

Actions (login required)

View Item View Item