TEACHING DESCRIPTIVE TEXT USING E-LEARNING AT MTSN 7 KEDIRI IN ACADEMIC YEAR 2021/2022

DIAS VETRY SEPTIANI, 12203173044 (2021) TEACHING DESCRIPTIVE TEXT USING E-LEARNING AT MTSN 7 KEDIRI IN ACADEMIC YEAR 2021/2022. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (766kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (134kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)

Abstract

ABSTRAK Septiani, Dias Vetry. NIM 12203173044. 2021. Mengajar Teks Deskripsi Menggunakan Media E Learning di MTsN 7 Kediri Tahun Pempelajaran 2021/2022. Skripsi. Departemen Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing: Dr. Hj. Nanik Sri Rahayu, M.Pd. Kata Kunci: Mengajar Menulis (Deskripsi), E Learning. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa dimasa sekarang yang segalanya serba canggih dan modern, siswa dapat melakukan pembelajaran jarak jauh. Hal ini dapat dilakukan dimana saja melalui koneksi internet dengan menggunakan media elektronik. Disisi lain, guru dituntut untuk dapat melakukan pembelajaran yang efektif dan efisien. Oleh karena itu, strategi mengajar yang digunakan guru sangat berperan penting. Disini, peneliti meneliti tentang cara mengajar guru dalam materi teks deskripsi menggunakan media E Learning. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui strategi yang dipakai guru dalam mengajar teks deskripsi menggunakan media E Learning, (2) untuk mengetahui masalah yang dihadapi guru dalam menerapkan strategi pada pembelajaran teks deskripsi menggunakan E Learning, dan (3) untuk mengetahui cara guru mengatasi masalah dalam penerapan strategi menggunakan media E Learning . Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data adalah guru Bahasa Inggris MTsN 7 Kediri. Koleksi data dari penelitian ini adalah observasi kelas, hasil wawancara, dan dokumentasi. Disisi lain, peneliti menggunakan lembar observasi dan pedoman wawancara untuk merekam dan mengumpulkan data yang diteliti. Didalam menganalisis data, peneliti menggunakan Miles dan Hubberman yang terdiri dari tiga langkah yaitu: Data reduksi, tampilan data, dan kesimpulan. Untuk mendapatkan kepercayaan penelitian, penelitian ini menggunakan metodologi triangulasi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa dalam mengajar teks deskripsi menggunakan E Learning guru memakai beberapa strategi, seperti: tulisan yang dicontohkan, berpikir keras dalam menulis, menulis mandiri, dan konferensi menulis. Strategi tersebut cocok digunakan dalam mengajar via daring. Disisi lain, penemuan penelitian ini juga menunjukan berbagai kendala yang dihadapi oleh guru dalam menerapkan strategi mengajar menggunakan E Learning, diantaranya: keterbatasan waktu, dan penggunaan media yang rumit. Kemudian, dari temuan masalah dalam, guru memiliki solusi untuk mengatasinya, hal tersebut ialah: Pertama, supaya siswa mempunyai lebih banyak waktu untuk dapat berpartisipasi dalam proses pembelajaran, guru menggunakan Google Form untuk proses pengumpulan tugas. Kedua, solusi guru dalam menyikapi penggunaan E Learning Madrasah yang sedikit rumit, guru menggunakan media lain diantaranya WhatsApp atau Telegram sebagai media untuk menyampaikan tugas, YouTube sebagai tambagan penjelasan materi, dan Google form untuk megumpulkan tugas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam melakukan pembelajaran E Learning guru harus memiliki berbagai strategi untuk menyampaikan materi secara online. Namun dalam proses penerapan strategi dalam pengajaran menulis, guru masih mengalami kendala dalam penggunaan media yang berkaitan dengan pembelajaran. Oleh karena itu, guru dituntut untuk mencari solusi dari permasalahan tersebut. Sehingga kelas menulis dapat berjalan dengan baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Inggris
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: S1 12203173044 DIAS VETRY SEPTIANI
Date Deposited: 13 Jan 2022 04:11
Last Modified: 13 Jan 2022 04:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23969

Actions (login required)

View Item View Item