PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMPULKAN ISI TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP RAUDLATUL MUSTHOFA REJOTANGAN TAHUN AJARAN 2021/2022

DESVA REZA ISVIANTI PRATIWI, 12210173107 (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMPULKAN ISI TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP RAUDLATUL MUSTHOFA REJOTANGAN TAHUN AJARAN 2021/2022. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (209kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (210kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (263kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (245kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Script terhadap Kemampuan Menyimpulkan Isi Teks Berita pada Siswa Kelas VIII SMP Raudlatul Musthofa Rejotangan Tahun Ajaran 2021/2022 ini ditulis oleh Desva Reza Isvianti Pratiwi, NIM. 12210173107, pembimbing Dian Risdiawati, M.Pd. Kata kunci: model Cooperatif Script, menyimpulkan isi teks berita Kemampuan menulis siswa kelas VIII SMP Raudlatul Musthofa masih rendah. Hal ini dikarenakan ada beberapa hal, yaitu (1) siswa kurang aktif dalam pembelajaran, contohnya siswa tidak mempunyai keberanian untuk menyampaikan pendapat ataupun bertanya mengenai pembelajaran yang diberikan oleh guru, dan (2) siswa masih kesulitan mengungkapkan gagasan ide-idenya. Dalam hal ini peneliti menerapkan model pembelajaran Cooperative Script agar siswa menjadi aktif dalam belajar dan siswa berani untuk menyampaikan pendapat. Model pembelajaran Cooperative Script merupakan model belajar di mana siswa bekerja berpasang-pasangan dan bergantian mengungkapkan ringkasan atau mengikhtisarkan materi-materi yang sudah dipelajari. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) adakah pengaruh penggunaan model pembelajaran Cooperative Script pada siswa kelas VIII SMP Raudlatul Musthofa Rejotangan?. Mengenai tujuan dari adanya penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan model pembelajaran Cooperative Script dalam menyimpulkaan isi teks berita siswa kelas VIII SMP Raudlatul Musthofa Rejotangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Raudlatul Musthofa Rejotangan dengan sampel penelitian yang digunakan yaitu kelas VIII B dan kelas VIII C. Peneliti menggunakan sampel kelas VIII B dan VIII C atas rekomendasi dari guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes menyimpulkan isi tek berita. Data nilai menyimpulkan isi teks berita yang dikumpulkan di analisis secara statistik dengan uji normalitas dan homogenitas. Selanjutnya, dilakukan uji hipotesis yaaitu uji f test dan uji independent sample t-test untuk mengetahui besarnya pengaruh variabel X (bebas) terhadap variabel Y (terikat). Berdasarkan hasil pengolahan data, terdapat hasil penelitian yaitu: terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran Cooperative Script terhadap kemampuan menyimpulkan isi teks berita. Hal ini dibuktikan dengan nilai Uji T dalam Independent Samples T- Test yaitu nilai signifikan (2-tailed) senilai 0,000. Dengan demikian, jika nilai signifikan (2-tailed) < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Coopeerative Script berpengaruh terhadap kemampuan menyimpulkan isi teks berita dengan rata-rata hasil post-test kelas kontrol 72 sedangkan rata-rata post-test kelas eksperimen 84.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Bahasa Dan Sastra > Narasi
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210173107 DESVA REZA ISVIANTI PRATIWI
Date Deposited: 10 Jan 2022 00:53
Last Modified: 10 Jan 2022 00:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23970

Actions (login required)

View Item View Item