STRATEGI PEMASARAN DALAM MEMPERTAHANKAN BISNIS UMKM DI TENGAH PANDEMI COVID-19 (Studi UMKM Buket Bunga Refris Bouquet Desa Sambirobyong Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung)

SANTI WAHYU NINGSIH, 12402173617 (2021) STRATEGI PEMASARAN DALAM MEMPERTAHANKAN BISNIS UMKM DI TENGAH PANDEMI COVID-19 (Studi UMKM Buket Bunga Refris Bouquet Desa Sambirobyong Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (595kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (671kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (467kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini dengan judul “Strategi Pemasaran dalam Mempertahankan Bisnis UMKM di Tengah Pandemi Covid-19 (Studi UMKM Buket Bunga Refris Bouquet Desa Sambirobyong Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung),” ini ditulis oleh Santi Wahyu Ningsih, NIM 12402173617, Pembimbing Dr. H. Asmawi, M.Ag. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketatnya persaingan antar Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dalam menarik minat konsumen terhadap produk yang dijual agar suatu usaha bisa tetap bertahan. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan strategi pemasaran. Sebuah strategi dalam pemasaran haruslah disusun secara tepat dan terarah agar suatu bisnis dapat meningkat dan unggul dalam bersaing disuatu perusahaan. Suatu perusahaan harus mampu menciptakan strategi yang tepat sebagai prioritas utama pada usaha yang dijalankan, agar tetap menjaga ke eksistensian perusahaan serta dapat meningkatkan efektifitas kompetitif. Fokus penelitian ini adalah: (1) Apa strategi pemasaran yang diterapkan Refris Bouquet sehingga bisa berhasil dan tidak terdampak pandemi COVID-19? (2) Apa saja kendala yang dihadapi oleh usaha UMKM Refris Bouquet dalam menerapkan strategi pemasaran agar mampu mempertahankan bisnisnya? (3) Apa saja solusi yang digunakan usaha UMKM Refris Bouquet dalam menghadapi kendala tersebut agar mampu mempertahankan bisnisnya?. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Dengan tehnik pengumpulan data melalui wawancara terhadap informan. Penelitian ini menggunakan strategi bauran pemasaran 4P (marketing mix). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Starategi pemasaran yang digunakan sampai bisa berhasil dan tidak terdampak pandemic pada bisnisnya yaitu dengan strategi pemasaran Bauran Pemasaran 4P (Marketing Mix) meliputi (product, price, place/distribution, promotion); (2) terdapat kendala yang dialami usaha UMKM Refris Bouquet meliputi pengiriman barang dan biaya pengiriman, kendala pemadaman listrik yang menghambat pengerjaan dan juga mengenai bahan baku; (3) meskipun ada kendala tetapi UMKM Refris Bouquet masih bisa menemukan solusinya yaitu dengan melek digital dan harus go online memilih biaya pengiriman yang lebih murah, mengerjakan pekerjaan yang tidak menggunakan arus listrik serta memperbanyak relasi dan bergabung dengan komunitas bisnis agar bisa sharing mendalam mengenai banyak hal salah satunya bahan baku. Meskipun pada usaha UMKM Refris Bouquet mengalami kenaikan pendapatan selama pandemic Covid-19 saat ini, diharapkan tetap memaksimalkan media social dan inovasi baru agar usahanya semakin maju. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, UMKM, Covid-19

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Pemasaran
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12402173617 SANTI WAHYU NINGSIH
Date Deposited: 10 Jan 2022 00:58
Last Modified: 10 Jan 2022 00:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23971

Actions (login required)

View Item View Item