ANALISIS PENALARAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI PELUANG DITINJAU DARI PERSEPSI SISWA DI SMP ISLAM TERPADU SUNAN KALIJAGA BLITAR

AINI ROCHMANA, 12204173145 (2021) ANALISIS PENALARAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI PELUANG DITINJAU DARI PERSEPSI SISWA DI SMP ISLAM TERPADU SUNAN KALIJAGA BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (385kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (177kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (610kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (143kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (762kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (303kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keadaan dalam pembelajaran dimana siswa harus memiliki kemampuan penalaran yang baik untuk memecahkan masalah terutama dalam pembelajaran matematika. Persepsi yang baik terhadap pembelajaran matematika membuat siswa senang dan antusias mengikuti pembelajaran sehingga akan menunjang kemampuan penalaran matematisnya. Tujuan dari penilitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran siswa yang memiliki persepsi sangat positif dalam memecahkan masalah matematika materi peluang di SMP Islam Terpadu Sunan Kalijaga Blitar (2) Untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran siswa yang memiliki persepsi positif dalam memecahkan masalah matematika materi peluang di SMP Islam Terpadu Sunan Kalijaga Blitar (3) Untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran siswa yang memiliki persepsi negatif dalam memecahkan masalah matematika materi peluang di SMP Islam Terpadu Sunan Kalijaga (4) Untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran siswa yang memiliki persepsi sangat negatif dalam memecahkan masalah matematika materi peluang di SMP Islam Terpadu Sunan Kalijaga Blitar. Jenis penelitian yang dilakukan oleh penelitian ini adalah Study Kasus. Pemilihan subjek berdasarkan teknik purposive sampling. Teknik pengambilan data dimulai dengan menyebarkan angket persepsi siswa dan soal tes penalaran, siswa dikelompokkan menjadi kategori persepsi sangat positif, positif, negatif dan sangat negatif yang diwakili tiap kategori 1 subjek sehingga ada 4 siswa yang dijadikan subjek dalam penelitian ini. Dari ke 4 subjek tersebut kemudian dilakukan wawancara yang mendalam terkait hasil tes kemampuan penalaran siswa yang telah dikerjakan. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kemampuan penalaran siswa dalam memecahkan masalah matematika dari persepsi sangat positif menunjukkan hasil yang baik, subjek mampu menyelesaikan kedua soal yang diberikan dengan benar serta mampu memenuhi semua indikator penalaran. (2) pada persepsi positif, subjek mampu memenuhi 3 indikator penalaran untuk kedua soal yang diberikan. (3) Pada persepsi negatif, subjek hanya mampu memenuhi 2 indikator penalaran untuk kedua soal yang diberikan. (4) dan dari persepsi sangat negatif, subjek menunjukan hasil yang sangat kurang dimana subjek hanya memenuhi 1 indikator penalaran saja pada dua soal yang diberikan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Matematika > Masalah Matermatika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173145 Aini Rochmana
Date Deposited: 10 Jan 2022 02:15
Last Modified: 10 Jan 2022 02:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23982

Actions (login required)

View Item View Item