Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn

Nurjanah, Ani Purwani (2014) Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
bag awal lengkap.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I anie fix.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II anie fix.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III. anie fix.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV anie fix.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V anie fix.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (16kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Kata kunci: Hasil Belajar, PKn, Model PembelajaranMake A Match Penelitian ini di latar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa peserta didik sering merasa kurang tertarik pada saat proses belajar mengajar berlangsung. Sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar peserta didik. Seperti pada mata pelajaran PKn hasil belajar peserta didik relatif rendah, kondisi tersebut disebabkan oleh: (1) Kurangnya perhatian peserta didik terhadap materi yang disampaikan karena bosan dengan model pembelajaran yang monoton, (2) Penggunaan metode ceramah dalam pembelajaran PKn sering kali terlalu dominan, sehingga peserta didik kurang aktif terlibat dalam pembelajaran, (3) Dalam proses belajar mengajar selama ini hanya sebatas pada upaya menjadikan peserta didik mampu dan terampil dalam mengerjakan soal-soal yang ada, sehingga pembelajaran yang berlangsung kurang bermakna dan terasa membosankan bagi peserta didik. Oleh karena itu peneliti menggunakan model pembelajaran make a match dalam meningkatkan hasil belajar PKn pada pokok bahasan lembaga-lembaga Negara. Pembelajaran menggunakan model pembelajaran make a match ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penulisan penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran make a match dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada materi lembaga-lembaga Negara siswa kelas IV di MI Pesantren Kelurahan Tanggung Kota Blitar tahun ajaran 2013/2014? 2) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran make a match pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pokok materi lembaga-lembaga Negara siswa kelas IV di MI Pesantren Kelurahan Tanggung Kota Blitar tahun ajaran 2013/2014? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menjelaskan penerapan model pembelajaran make a match dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada materi lembaga-lembaga Negara siswa kelas IV di MI Pesantren Kelurahan Tanggung Kota Blitar tahun ajaran 2013/2014. 2) Untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran make a match pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi lembaga-lembaga Negara siswa kelas IV di MI Pesantren Kelurahan Tanggung Kota Blitar Tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam PTK tahap penelitian terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, xvii observasi dan refleksi. Untuk mengetahui peningkatan pada waktu tindakan, dan setelah tindakan dilakukan. Dalam penelitian ini menggunakan dua siklus tindakan. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, catatan lapangan, wawancara, tes, dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk mengamati respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan model pembelajaran make a match. Dokumentasi yang digunakan untuk mengumpulkan data dengan melihat laporan yang sudah tersedia termasuk foto. Hasil penelitian yang telah dilakukan dengan penerapan model pembelajaran make a match mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi lembaga-lembaga Negara dilaksanakan melalui langkah-langkah pembelajaran: pendidik menjelaskan secara garis besar, melakukan tanya jawab, setelah selesai pendidik memberi kartu-kartu (make a match), peserta didik membacakan kartu soal di depan kelas, menempelkan kartu soal dan kartu jawaban di papan tulis, pendidik mengevaluasi jawaban peserta didik dan memberikan kesimpulan. Hasil pembelajaran menunjukkanadanya peningkatan. pada tes awal (pre test) mencapai nilai rata-rata 57 dengan presentase 20%, setelah melakukan tindakan menjadi 56,67% dengan nilai rata-rata 70,83 pada siklus I, pada siklus II meningkat menjadi 79,33% dengan nilai rata-rata 86,67. Kesimpulan penelitian yang telah dilakukan melalui pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan penerapan model pembelajaran make a match dapat membuat peserta didik lebih aktif dan pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, karena peserta didik bisa bermain sambil belajar. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan penerapan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI MI Pesantren Kelurahan Tanggung Kota Blitar tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 30 Sep 2014 02:40
Last Modified: 30 Sep 2014 02:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24

Actions (login required)

View Item View Item