IMPLEMENTASI PERMAINAN PLAY DOUGH OLEH GURU DAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK PADA MASA PANDEMI DI TK AR ROCHMAN PLOSOKANDANG

HITA ASTININGRUM, 12206173067 (2021) IMPLEMENTASI PERMAINAN PLAY DOUGH OLEH GURU DAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK PADA MASA PANDEMI DI TK AR ROCHMAN PLOSOKANDANG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (728kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (546kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Permainan Play Dough oleh Guru dan OrangTua dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Pada Masa Pandemi di TK Ar Rochman Plosokandang” ini ditulis oleh Hita Astingrum, NIM 12206173067, Progam Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Pembimbing Dr. Adi Wijayanto., S.Or., S.Kom., M.Pd., AIFO Kata Kunci Permainan Playdough, Guru dan Orang Tua, Kreativitas Anak, Pandemi Covid-19. Penelitian ini didasarkan pada fenomena di TK Ar Rohman Plosokandang, ditemukan penyebabada anak yang kurang tertarik berkreasi dengan menggunakan Playdough. Berdasarkan hasil observasi peneliti kepada guru kelas B Tk Ar Rocmah, menyebutkan bahwa anak-anak kelas B masih kurang mau berkreativitas menggunakan Playdough jika tidak ada contoh dari guru atau orang tua ataupun dibantu satu persatu dalam membuat berbagai bentuk kreativitas dengan Playdough. Fokus penelitiannya adalah 1)Bagaimana perencanaan permainan Playdough oleh guru dan Orang tua dalam mengembangkannkreativitas anak Pada Masa Pandemi Covid-19 di TK Ar Rochman Plosokandang ?, 2) Bagaimana pelaksanaan permainan Playdough oleh guru dan Orang tua dalam mengembangkannkreativitas anak Pada Masa Pandemi Covid-19 di TK Ar Rochman Plosokandang ?, 3)Bagaimana hambatan dan solusipermainan Playdough oleh guru dan Orang tua dalam mengembangkannkreativitas anak Pada Masa Pandemi Covid-19 di TK Ar Rochman Plosokandang ? Metode penelitian Kualittaif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini jika ditinjau dari lokasi sumber datanya termasuk kategori penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara (interview), dokumentasi.Teknik analisis datanya adalah 1)Reduksi data, 2) Penyajian data dan 3) Penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya adalah 1) Perencanaan permainan Playdough oleh guru dan Orang tua dalam mengembangkannkreativitas anak Pada Masa Pandemi Covid-19 di TK Ar Rochman Plosokandang dilakukan dengan: a) Guru menetapkan tujuan pembelajaran dalam meningkatkan kreativitas anak melalui media Playdough, b) Guru menyiapkan bahan-bahan adonan dalam permainan media Playdough, c) Guru membagi anak dalam kelompok kecil, d) Guru memperkenalkan pada anak mengenai media Playdough. 2) Pelaksanaan permainan Playdough oleh guru dan Orang tua dalam mengembangkannkreativitas anak Pada Masa Pandemi Covid-19 di TK Ar Rochman Plosokandang Permainan dilakukan dengan: a) Guru membagikan adonan, b) Guru membebaskan anak untuk membuat bentuk bebas yang dapat diciptakan anak, ternyata bisa membuat angka, hewan dan makanan. c) Media permainan Playdough dapat merangsang perkembangan dan pertumbuhan Anak Usia Dini, dikarenakan bahan pembuatan Playdough yaitu terdiri dari tepung terigu, air, garam, minyak dan pewarna makanan. Playdough yang dibuat lentur dan memiliki banyak warna akan menarik perhatian anak sehingga anak dapat belajar sambil bermain yang dapat melatih perkembangan kreativitas anak. 3) Hambatan permainan Playdough oleh guru dan Orang tua dalam mengembangkannkreativitas anak Pada Masa Pandemi Covid-19 di TK Ar Rochman Plosokandangyaitu: a) Kurangnya Alat Permainan Eedukatif (APE) dalam pembelajaran terbatas b) Terbatasnya waktu dalam pelaksanaan pembelajaran. c) Kurangnya guru pendamping dalam pelaksanaan pembelajaran. Solusi permainan Playdough oleh guru dan Orang tua dalam mengembangkannkreativitas anak Pada Masa Pandemi Covid-19 di TK Ar Rochman Plosokandang yaitu: a) Menambahkan alat permainan edukatifseperti kotak balok, plastisin, miniature memasak dan buah-buahan, dan sebagainya, dilakukan agar siswa lebih senang bermain terutama dalam bermain plastisin yang dapat menumbuhkan kreatifitas anak. b) Menambahkan guru pendampingdalam pelaksanaan pembelajaran dilakukan untuk mengatasi kurangnya guru pendamping di kelas karena harus membagi anak dalam beberapa kelompok membuat kegiatan pembelajaran kurang maksimal ditambah lagi terbatasnya waktu kegiatan pembelajaran di kelas

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: Skripsi 12206173067 HITA ASTININGRUM
Date Deposited: 11 Jan 2022 05:21
Last Modified: 11 Jan 2022 05:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24021

Actions (login required)

View Item View Item