EFEKTIVITAS STRATEGI PEMASARAN DALAM PRODUK iB HIJRAH HAJI PADA BANK MUAMALAT KANTOR CABANG UTAMA KEDIRI

MOH. ALFIAN FEBRIYANTO, 17401163309 (2021) EFEKTIVITAS STRATEGI PEMASARAN DALAM PRODUK iB HIJRAH HAJI PADA BANK MUAMALAT KANTOR CABANG UTAMA KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (205kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Efektivitas Strategi Pemasaran Dalam Produk iB Hijrah Haji Pada Bank Muamalat Kantor Cabang Utama Kediri” ini ditulis oleh Moh. Alfian Febriyanto, NIM. 17401163309 dan dosen pembimbing Muhamad Aqim Adlan, M.E.I. Kegiatan pemasaran sudah menjadi suatu kebutuhan utama dan menjadi suatu keharusan untuk dijalankan dalam kegiatan pemasaran. Banyaknya bank Syariah yang beroperasi membentuk persaingan dalam penjualan produknya. Disini strategi pemasaran sangat berperan dalam proses penjualan produk perbankan yang ditawarkan oleh bank. Maka dari itu penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana Strategi Pemasaran di PT. Bank Muamalat Indonesia KCU Kediri. Selain itu terkait kendala yang harus dihadapi dan solusi yang dipilih PT. Bank Muamalat Indonesia KCU Kediri juga menjadi fokus penelitian ini. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sedangkan sumber data berasal dari data primer dan data sekunder yang diperoleh melalui wawancara mendalam untuk memperoleh data terkait penerapan Strategi pemasaran produkiB Hijrah Haji. Kemudian dokumentasi digunakan untuk menggali fenomena yang terjadi dan profil dari PT. Bank Muamalat Indonesia KCU Kediri. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini antara lain : (1) strategi pemasaran yang dilakukan adalah sebagai berikut : (a) Product dengan seleksi ketat terhadap produk yang akan dikeluarkan susuai dengan Syariat Islam dan mengikuti kebutuhan nasabah, (b) Price dengan menyediakan variasi harga, (c) Promotion menggunakan Direct Sales, Iklan di media masa di daerah tertentu, media social resmi Bank Muamalat Cross Selling dari pegawai, dan Petugas/ Market Person bank muamalat kepada Nasabah Walk In, (d) Place dengan pemilihan tempat di pusat perkotaan dengan akses yang mudah dan cepat, (e) People dengan pelatihan, seragam kerja, (f) Proces dengan pelayanan yang bersih, mudah, tepat waktu, (g) Physical Evidence dengan buku tabungan. (2) Faktor penghambat dari Pemasaran adalah persaingan, peraturan pemerintah mengenai biaya haji dan kondisi pandemi sekarang yang membuat haji ditunda keberangkatannya juga belum meluasnya literisasi dalam hal Digitalisasi, dan (3) Adapun solusinya adalah memperhitungkan harga dari produk agar bisa banyak diminati, fleksibel mengikuti peraturan pemerintah, melakukan refund biaya haji tanpa kehilangan status calon jamaah haji, dan meningkatkan kegiatan Literasasi Digitalisasi. Kata kunci : iB Hijrah Haji, Pemasaran, Strategi

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Pemasaran
Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 17401163309 MOH. ALFIAN FEBRIYANTO
Date Deposited: 11 Jan 2022 06:20
Last Modified: 11 Jan 2022 06:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24023

Actions (login required)

View Item View Item