STRATEGI DALAM PERSAINGAN USAHA KONSTRUKSI LAS BERDASARKAN EKONOMI ISLAM (Studi Kasus di Putra Mandiri Kontruksi Las Desa Sugihan Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek)

DWI BAGUS SUSILO, 12402173628 (2021) STRATEGI DALAM PERSAINGAN USAHA KONSTRUKSI LAS BERDASARKAN EKONOMI ISLAM (Studi Kasus di Putra Mandiri Kontruksi Las Desa Sugihan Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (257kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (120kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (135kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (177kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123kB) | Preview

Abstract

Dwi Bagus Susilo, NIM 12402173628. Strategi Persaingan Usaha Kontruksi Las Berdasarkan Ekonomi Islam (Studi Kasus di Putra Mandiri Kontruksi Las), Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing Dr. Nur Fadhilah, M.H. Persaingan usaha seharusnya dilakukan secara sehat. Di Desa Sugihan Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek, ada banyak pengusaha kontruksi las yang masing-masing menunjukkan keunggulan produknya. Putra Mandiri Konstruksi Las adalah salah satu usaha yang terlibat dalam persaingan usaha tersebut. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimana strategi dalam persaingan usaha konstruksi las Putra Mandiri di Desa Sugihan Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek? 2) Bagaimana strategi dalam persaingan usaha konstruksi las Putra Mandiri di Desa Sugihan Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek berdasarkan ekonomi Islam? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan strategi dalam persaingan usaha konstruksi las Putra Mandiri di Desa Sugihan Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek, dan 2)Untuk menganalisis strategi dalam persaingan usaha konstruksi las Putra Mandiri di Desa Sugihan Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek berdasarkan ekonomi Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan melakukan studi kasus. Pengumpulan datadilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi persaingan usaha Putra Mandiri Kontruksi Las dilakukan dengan mengutamakan kualitas produk, promosi, dan harga. Dalam hal kualitas produk, Putra Mandiri Kontruksi Las memberikan kualitas sebaik mungkin dan sesuai standar ukuran tanpa menguranginya. Promosi dilakukan dengan personal selling (penjualan tatap muka) dan interactive online marketing (menggunakan media sosial). Dalam penentuan harga, pelaku usaha menentukan harga sesuai dengan standar produk, memberi kesempatan kepada konsumen untuk melakukan penawaran harga, memberikan potongan harga, dan memberikan fasilitas cicilan dalam proses pembayaran, dan 2) Strategi persaingan usaha Putra Mandiri Kontruksi Las sudah sesuai dengan prinsip ekonomi Islam, yaitu adil, jujur, dan terbuka. Prinsip keadilan diterapkan dengan tidak mengurangi ukuran maupun standarpada produk. Kejujuran dalam bersaing ditunjukkan dengan menawarkan produk apa adanya, tanpa melebih-lebihkan suatu produk. Prinsip keterbukaan terlihat dalam penentuan harga produk. Dengan menghindari tindakan kecurangan untuk menjatuhkan lawan usahanya, Putra Mandiri Kontruksi Las telah melakukan persaingan yang sehat dengan niat semata-mata beribadah pada Allah SWT. Kata Kunci : ekonomi Islam, kontruksi las, persaingan usaha.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12402173628 DWI BAGUS SUSILO
Date Deposited: 12 Jan 2022 01:09
Last Modified: 12 Jan 2022 01:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24029

Actions (login required)

View Item View Item