NAFIÁTUZ ZAHRO, 12205173038 (2021) UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN SPIRITUAL GURU MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI SDIT AL-ASROR RINGINPITU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (816kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (454kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (141kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (395kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (413kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (235kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (857kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (327kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (219kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (146kB) |
Abstract
ABSTRAK Nafi‟atuz Zahro. 12205173038. Tahun 2021. “Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Kepribadian dan Spiritual Guru melalui Kegiatan Keagamaan di SDIT Al-Asror Ringinpitu Tulungagung”. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Musrikah, S.Pd.i, M.Pd. Kata Kunci : Upaya Kepala Sekolah, Kompetensi Kepribadian dan Spiritual Guru, Kegiatan Keagamaan. Penelitian ini dilatar belakangi sebuah fenomena tentang pentingnya upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru. Penelitian ini mempunyai 3 fokus penelitian. Pertama, Bagaimana upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi kepribadian guru melalui kegiatan keagamaan di SDIT Al-Asror Ringinpitu Tulungagung ?. Kedua, Bagaimana upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi spiritual guru melalui kegiatan keagamaan di SDIT Al Asror Ringinpitu Tulungagung? Ketiga, Bagaimana faktor pendukung dan penghambat upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi kepribadian dan spiritual guru melalui kegiatan keagamaan di SDIT Al-Asrr Ringinpitu Tulungagung?. Adapun dari tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi kepribadian dan spiritual guru melalui kegiatan keagamaan di SDIT Al-Asror Ringinpitu Tulungagung serta untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi kepribadian dan spiritual guru melalui kegiatan keagamaan di SDIT Al-Asrr Ringinpitu Tulungagung. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan lokasi di SDIT Al-Asror Ringinpitu Tulungagung. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari ketiga teknik tersebut diorganisasikan dan dianalisis guna menyusun temuan lapangan. Adapun metode analisis data , peneliti menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi kepribadian guru melalui kegiatan keagamaan adalah dengan mengarahkan para guru untuk ikut serta dalam kegiatan keagamaan yang diberikan siswa, pembinaan melalui kajian kitab kuning serta pembinaan membaca dan menulis Al-Qur‟an. Sedangkan upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi spiritual guru melalui kegiatan keagamanaan adalah dengan mengarahkan guru untuk mengikuti kegiatan istighosah, khotmil qur‟an dan ziarah wali. Adapun faktor pendukung upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi kepribadian dan spiritual guru di SDIT Al-Asror adalah adanya komunikasi yang baik antar kepala sekolah, kepala yayasan dan guru, kemudian kepemimpinan yang demokratis, antusian para guru, dan kebijakan dari yayasan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah perbedaan latar belakang guru, kesibukan administrasi kelas, dan pelaksanaan yang tidak tepat waktu.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan > Kepala Sekolah Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205173038 NAFIÁTUZ ZAHRO |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 08:51 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 08:51 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24052 |
Actions (login required)
View Item |