KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN MEDIA WHATSAPP PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS XI DI MAN KOTA BLITAR

IFFA SARAH FATEHAH, 17204163267 (2021) KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN MEDIA WHATSAPP PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS XI DI MAN KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (983kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (602kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (712kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI .pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (377kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Kemandirian Belajar Siswa melalui Pembelajaran Daring Menggunakan Media WhatsApp pada Mata Pelajaran Matematika Kelas XI di MAN Kota Blitar” yang ditulis oleh Iffa Sarah Fatehah, NIM. 17204163267, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, pembimbing: Dra. Hj. Umy Zahroh, M.Kes., Ph.D. Kata Kunci: Kemandirian belajar, Pembelajaran daring, WhatsApp Perubahan metode pembelajaran dari tatap muka menjadi pembelajaran daring terjadi akibat pandemi Covid-19. Penerapan pembelajaran daring memungkinkan siswa untuk mengikuti pembelajaran dari rumah masing-masing. Mereka dapat mengakses bahan ajar dan mengirimkan tugas yang diberikan oleh guru tanpa harus datang ke sekolah yaitu menggunakan media online WhatsApp. Pembelajaran daring lebih berpusat pada siswa yang menyebabkan mereka mampu memunculkan tanggung jawab dalam belajar. Pembelajaran daring memberikan dampak positif terhadap kemandirian belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan proses pembelajaran daring menggunakan media WhatsApp pada mata pelajaran matematika kelas XI di MAN Kota Blitar, 2) untuk mendeskripsikan kemandirian belajar siswa melalui pembelajaran daring menggunakan media WhatsApp pada mata pelajaran matematika kelas XI di MAN Kota Blitar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus. Peneliti merupakan alat pengumpulan data utama dan sebagai human instrument. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) proses pelaksanaan pembelajaran daring menggunakan media WhatsApp pada mata pelajaran matematika mulai dari pembukaan, inti, hingga kegiatan penutup dilakukan menggunakan media WhatsApp sepenuhnya. Pembelajaran daring mata pelajaran matematika menggunakan media WhatsApp karena merupakan media yang mudah, ringan, dan hemat data dalam penggunaannya, sangat populer di kalangan siswa, serta memiliki fitur yang menunjang kegiatan pembelajaran daring. Fitur yang digunakan adalah foto, dokumen, dan video. Dan 2) Kemandirian belajar siswa melalui pembelajaran daring menggunakan media WhatsApp pada mata pelajaran matematika termasuk dalam kategori tinggi dan sedang. Siswa dengan kategori kemandirian belajar tinggi memenuhi semua indikator kemandirian belajar yaitu: 1) percaya diri, 2) disiplin, 3) inisiatif, 4) tanggung jawab, dan 5) motivasi. Sedangkan siswa dengan kemandirian belajar sedang memiliki semua indikator yang sesuai namun kurang pada indikator tanggung jawab dan motivasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Covid-19
Matematika
Pandemi
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204163267 Iffa Sarah
Date Deposited: 17 Jan 2022 01:29
Last Modified: 17 Jan 2022 01:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24080

Actions (login required)

View Item View Item