ELMA FUADAH, 12505194003 (2021) KERJASAMA ORANGTUA DAN GURU DALAM PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN DI ERA PANDEMI COVID-19 (Studi Multisitus di MI Masaran I Trenggalek dan MI Tawing 3 GUPPI Trenggalek). [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (318kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (347kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (102kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (251kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (364kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (271kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (258kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (100kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (235kB) |
Abstract
ABSTRAK Elma Fuadah, 2021, Kerjasama Orangtua dan Guru dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di Era Pandemi Covid-19 (Studi Multisitus di MI Masaran I dan MI Tawing 3 GUPPI Trenggalek), Tesis Program Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pascasarjana Universitas, Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah (UIN) Tulungagung, Pembimbing 1). Dr. Muhamad Zaini, M.A, Pembimbing 2). Dr. Nur Efendi, M, Ag. Kata Kunci: Kerjasama, Mutu Pembelajaran, Era Pandemi Covid-19 Indonesia adalah salah satu negara yang terkena dampak terhadap penyebaran virus covid-19, tak terkecuali pendidikan. Pemerintah memberlakukan kebijakan bahwa seluruh kegiatan dilakukan di rumah, tak terkecuali kegiatan pembelajaran dengan melakukan pembelajaran jarak jauh dengan sistem pembelajaran daring. Dengan demikian, guru tidak mampu mendampingi anak belajar secara langsung sehingga perlu peran orangtua didalamnya. Kerjasama orangtua dan guru bertujuan untuk meningkatkan mutu pembelajaran di era pandemic covid-19. Kedua, kerjasama orangtua dan guru tersebut bertujuan anak tetap menerima materi, dapat mengembangkan kemampuan anak, dan menumbuhkan karakter yang ada pada diri anak. Fokus dalam penelitian ini adalah Bagaimana 1) Tanggungjawab, 2) Kontribusi Bersama, 3) Pengerahan Kemampuan bersama yang dilakukan antara Orangtua dan Guru dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran pada Era Pandemi Covid-19 di MI Masaran I dan MI Tawing III GUPPI?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis: 1) Tanggungjawab Orangtua dan Guru, 2) Kontribusi bersama antara Orangtua dan Guru, 3) Pengerahan Kemampuan bersama yang dilakukan antara Orangtua dan Guru dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran pada Era Pandemi Covid-19 di MI Masaran I dan MI Tawing III GUPPI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi situs dan rancangan penelitian studi multisitus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan mulai analisis data situs tunggal dan analisis lintas situs. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konformabilitas. Hasil penelitian menunjukkan 1) Tanggungjawab Orangtua dan Guru dalam peningkatan mutu pembelajaran yaitu dengan melibatkan orangtua di dalam pembelajaran dan menjalin komunikasi yang baik untuk menyelesaikan permasalahan dengan musyawarah mufakat. 2) Kontribusi bersama antara orangtua dan guru yaitu dengan memberikan pulsa paket data, meminjamkan buku paket, memberikan fasilitas berupa handphone dan aplikasi whatsapp dan google form, dan memberikan media pembelajaran berupa video pembelajaran dan rekaman suara untuk mendukung pemahaman anak. 3) Pengerahan Kemampuan yang dilakukan antara orangtua dan guru yaitu dengan mengunjungi rumah siswa dan mengundang orangtua anak ke sekolah untuk memudahkan pertukaran informasi mengenai perkembangan anak.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Covid-19 Pendidikan > Guru Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pandemi Pendidikan > Pembelajaran |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > PGMI |
Depositing User: | 12505194003 ELMA FUADAH |
Date Deposited: | 13 Jan 2022 04:50 |
Last Modified: | 13 Jan 2022 04:50 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24081 |
Actions (login required)
View Item |