STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN MORAL PESERTA DIDIK DI MTS ASSYAFI’IYAH GONDANG TULUNGAGUNG

NANDA MAULID DINA, 12201173232 (2021) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN MORAL PESERTA DIDIK DI MTS ASSYAFI’IYAH GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (623kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (740kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (482kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (533kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (654kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (327kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (433kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Moral Peserta didik di MTs Assyafi‟iyah Gondang Tulungagung” ini ditulis oleh Nanda Maulid Dina, NIM. 12201173232, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, yang dibimbing oleh Muhammad Zainul Arifin, M.Pd.I. Kata Kunci : Strategi Guru Akidah Akhlak, Moral Kenakalan siswa saat ini yang sangat memprihatinkan dan menghawatirkan bagi bangsa. Pemuda harapan bangsa mulai rapuh karena hancurnya moral. Jika pemudanya hancur maka hancur pula bangsa tersebut. Penyebab yang sering terjadi pada pemuda jaman sekarang adalah pergaulan bebas, pengaruh tekhnologi, dan sebagainya. Perlu adanya strategi guru dalam meningkatkan moral peserta didik agar tidak sampai salah dalam bergaul. Strategi guru penting dalam meningkatkan moral peserta didik, maka diharapkan peserta didik dapat memilah dan memilih baik dan buruknya perilaku ketika berada dalam kehidupan sehari-hari. Fokus penelitian pada penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan guru akidah akhlak dalam meningkatkan moral peserta didik di MTs Assyafi‟iyah Gondang Tulungagung? (2) Bagaimana pelaksanaan strategi guru akidah akhlak dalam meningkatkan moral peserta didik di MTs Assyafi‟iyah Gondang Tulungagung? (3) Bagaimana evaluasi strategi guru akidah akhlak dalam meningkatkan moral peserta didik di MTs Assyafi‟iyah Gondang Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan guru akidah akhlak dalam meningkatkan moral peserta didik di MTs Assyafi‟iyah Gondang Tulungagung, (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan strategi guru akidah akhlak dalam meningkatkan moral peserta didik di MTs Assyafi‟iyah Gondang Tulungagung, (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi guru akidah akhlak dalam meningkatkan moral peserta didik di MTs Assyafi‟iyah Gondang Tulungagung. Peneitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Untuk tekhnik pengumpulan data menggunakan metode observasi,wawancara, dan dokumentasi. Dalam melakukan analisis data tahap-tahap yang dilakukan adalah dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan dalam pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, triangulasi, ketekunan pengamatan, dan pembahasan teman sejawat. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini menunjukan bahwa: (1) perencanaan guru akidah akhlak dalam meningkatkan moral peserta didik di MTs Assyafi‟iyah Gondang Tulungagung dengan melakukan pengamatan kepada para peserta didik, kemudian memanfaatkan ekstrakurikuler yang menunjang dalam meningkatkan moral, membuat peraturan dan menerapkan budaya sekolah yang berlaku bagi peserta didik dan guru itu sendiri, dan yang terakhir dengan menjalin komunikasi antar orang tua dan guru. (2) Pelaksanaan strategi guru dalam meningkatkan moral peserta didik di MTs Assyafi‟iyah Gondang Tulungagung dengan menggunakan metode pembiasaan dalam berjabat tangan dan melakukan tadarus pagi sebelum mulai pembelajaran, metode memberikan nasihat dan motivasi agar peserta didik lebih bersemangat, metode hukuman atau sanksi agar peserta tidak mengulangi kesalahan dan memiliki tanggung jawab dalam mentaati peraturan sekolah. (3) evaluasi guru akidah akhlak dalam meningkatkan moral peserta didik yaitu dengan pengawasan dan menilai dari hasil sikap nilai pada raport, dengan mengawasi kegiatan sehari-hari dan mengacu pada nilai sikap di raport maka akan mempermudah dalam mengevaluasi apakan strategi tersebut sudah maksimal dalam meningkatkan moral peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 12201173232 Nanda Maulid Dina
Date Deposited: 13 Jan 2022 05:23
Last Modified: 13 Jan 2022 05:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24084

Actions (login required)

View Item View Item