BISRI EFENDHI, 12205173323 (2021) STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI NASIONALISME PADA SISWA KELAS V MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK DI MIN 05 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (9MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (3MB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (3MB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Strategi Guru, Nilai-Nilai Nasionalisme, Pembelajaran Tematik Skripsi berjudul “Strategi Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Nasionalisme pada Siswa Kelas V Melalui Pembelajaran Tematik di MIN 05 Tulungagung,” ditulis oleh Bisri Efendhi, NIM. 12205173323, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, dibimbing oleh Dr. H. As‟aril Muhajir, M.Ag. Degradasi nilai-nilai karakter yang ada pada generasi muda telah berimbas pada menurunnya nilai nasionalisme. Generasi muda seolah acuh tak acuh akan perjuangan pahlawan dengan tidak memahami hakikat bangsanya sendiri. Dari alasan tersebut kemudian penting dilaksanakan penanaman nilai-nilai nasionalisme yang dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran, penanaman tersebut dapat dilaksanakan dalam pembelajaran tematik yang saat ini tengah menjadi model pembelejaran di sekolah dasar. Sistem pembelajaran tematik ini memadukan beberapa mata pelajaran yang moral action kemudian dijadikan satu tema / topik tertentu sehingga lingkup materi saling berkaitan. Fokus dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai nasionalisme mencintai tanah air dan bangsa melalui pembelajaran tematik di MIN 05 Tulungagung?, 2). Bagaimana strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai nasionalisme menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan Bhineka Tunggal Eka melalui pembelajaran tematik di MIN 05 Tulungagung?, 3) Bagaimana strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai nasionalisme bangga berbangsa dan bernegara Indonesia melalui pembelajaran tematik di MIN 05 Tulungagung?. Jenis penelitian yang dipakai oleh peneliti adalah kualitatif, ditujukan untuk memahami fenomena tentang apa saja yang terjadi di lapangan. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang berusaha untuk mendeskripsikan dan menginterprestasikan data yang ada sesuai dengan fakta. Hasil penelitian ini yaitu 1) Strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai nasionalisme mencintai tanah air dan bangsa melalui pembelajaran tematik di MIN 05 Tulungagung dilaksanakan dengan menerapkan internalisasi melalui materi pembelajaran. Contohnya tentang pemberdayaan dan penggunaan produkproduk dalam negeri. 2) Strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai nasionalisme menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan Bhineka Tunggal Ika melalui pembelajaran tematik dilaksanakan dengan menerapkan internalisasi melalui materi pembelajaran. Contohnya dengan mengikuti kegiatan gotong royong, dan tidak bertengkar sesama teman di sekolah. 3) Strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai nasionalisme bangga berbangsa dan bernegara Indonesia melalui pembelajaran tematik. Contohnya ketika seorang siswa sedang mengikuti lomba ataupun olimpiade dengan negara lainnya, maka dia harus dengan bangga menampilkan negaranya untuk menjadi juara.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | S1 12205173323 BISRI EFENDHI |
Date Deposited: | 13 Jan 2022 09:45 |
Last Modified: | 13 Jan 2022 09:45 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24085 |
Actions (login required)
View Item |