WIDYAWATI BONITA AFSARI, 12206173046 (2021) PERAN GURU DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PLUS HASYIM ASY’ARI PIKATAN WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (43kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (9MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (40kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (19kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Widyawati Bonita Afsari, 12206173046, 2021 “Peran Guru dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Plus Hasyim Asy’ari Pikatan Wonodadi Blitar”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Dosen Pembimbing Dr. Nita Agustina Nurlaila Eka Erfiana, M.Pd.I. Kata kunci: Peran guru, Pendidikan Karakter, Anak Usia Dini Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya menanamkan nilai-nilai berperilaku bagi generasi penerus bangsa. Seperti halnya perilaku peserta didik di sekolah TK Plus Hasyim Asy’ari Pikatan Wonodadi Blitar yang mencerminkan sikap disiplin, mandiri dan religius yang sudah berkembang sangat baik.Tentuya hal tersebut tidak terlepas dari peran seorang guru dalam menanamkan nilai-nilai kebaikan tersebut. Sehubungan dengan itu, peneliti ingin mengetahui bagaimana peran guru di TK Plus Hasyim Asy’ari Pikatan Wonodadi Blitar dalam menanamkan karakter disiplin, mandiri dan religius pada anak usia 5-6 tahun. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran guru dalam menanamkan karakter disiplin pada anak usia 5-6 tahun di TK Plus Hasyim Asy’ari Pikatan Wonodadi Blitar? (2) Bagaimana peran guru dalam menanamkan karakter mandiri pada anak usia 5-6 tahun di TK Plus Hasyim Asy’ari Pikatan Wonodadi Blitar? (3) Bagaimana peran guru dalam menanamkan karakter religius pada anak usia 5-6 tahun di TK Plus Hasyim Asy’ari Pikatan Wonodadi Blitar Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya deskriptif kualitatif . Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, verifikasi. Penelitian ini juga melakukan keabsahan data dengan triangulasi yang diuraikan secara rinci. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peran guru dalam menanamkan karakter disiplin peserta didik di TK Plus Hasyim Asy’ari Pikatan Wonodadi Blitar yaitu guru membuat tata tertib. Guru memberikan penghargaan dan hukuman.guru konsinten dalam penanaman karakter disiplin. (2) peran guru dalam menanamkan karakter mandiri peserta didik di TK Plus Hasyim Asy’ari Pikatan Wonodadi Blitar yaitu Guru melatih peserta didik untuk bertanggung jawab dengan menyelesaikan kegiatan kemandirian yang dilakukan berulangulang seperti melepas sepatu sendiri, ke kamar mandi sendiri, dan tidak ditunggu orang tua saat di dalam kelas. (3) peran guru dalam menanamkan karakter religius peserta didik di TK Plus Hasyim Asy’ari Pikatan Wonodadi Blitar yaitu Guru menggunakan metode pembiasaan kegiatan keagamaan seperti bersalaman pada pagi saat datang ke sekolah, selalu bedoa sebelum memulai kegiatan pembelajaran, hafalan surat-surat pendek dan hafalan doa-doa, latihan gerakan wudhu dan gerakan sholat, tahlil dan infaq setiap hari jum’at.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan > PAUD Pendidikan > Pendidikan Karakter |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | S1 12206173046 Widyawati Bonita Afsari |
Date Deposited: | 14 Jan 2022 06:43 |
Last Modified: | 14 Jan 2022 06:43 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24087 |
Actions (login required)
View Item |