SITI RUKHOYYIATUN NI'MAH, 12206173073 (2021) STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI METODE BERCERITA PADA KELOMPOK B DI RA AL-HIKMAH KARANGREJO BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (342kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (184kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (219kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (651kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (296kB) |
||
|
Text
BAB VI.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (128kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Melalui Metode Bercerita pada Kelompok B di RA Al-Hikmah Karangrejo Boyolangu Tulungagung” yang ditulis oleh Siti Rukhoyyiatun Ni'mah, NIM: 12206173073, yang dibimbing oleh Dr. Hj. Luluk Atirotu Zahro’, M.Pd. Kata Kunci: strategi guru, kemampuan kognitif, metode bercerita Penelitian ini didasarkan pada gambaran RA Al-Hikmah Karangrejo Boyolangu Tulungagungmerupakan salah satu RA yang perkembangan kognitif berkembang dengan baik, namun beberapa faktor, diantaranya media pembelajaran yang kurang menarik karena menggunakan media abstrak, pembelajaran yang hanya menitik beratkan pada membaca dan berhitung saja dan penggunaan metode yang statis, sehingga membuat anak bosan dan kurang dapat memunculkan ide kreatifnya. Rumusan masalahnya adalah 1) Bagaimana perencanaan guru dalam mengembangkan kemampuan kognitif melalui metode bercerita pada Kelompok B di RA Al-Hikmah Karangrejo Boyolangu Tulungagung? 2) Bagaimana implementasi guru dalam mengembangkan kemampuan kognitif melalui metode bercerita pada Kelompok B di RA Al-Hikmah Karangrejo Boyolangu Tulungagung? 3) Bagaimana evaluasi guru dalam mengembangkan kemampuan kognitif melalui metode bercerita pada Kelompok B di RA Al-Hikmah Karangrejo Boyolangu Tulungagung? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini jika ditinjau dari lokasi sumber datanya termasuk kategori penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara (interview), dokumentasi. Teknik analisis datanya adalah 1) reduksi data, 2) penyajian data dan 3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya adalah 1) Perencanaan guru dalam mengembangkan kemampuan kognitif melalui metode bercerita pada Kelompok B di RA Al-Hikmah Karangrejo Boyolangu Tulungagung dilakukan dengan: a) perumusan perencanaan pembelajaran dengan menyusun RPPH, prota, promes dan program mingguan, b) Pemberitahuan panduan kegiatan dalam jaringan kepada orang tua, c) Mengharuskan untuk mengunduh aplikasi WA sebagai sarana komunikasi. 2) Implementasi guru dalam mengembangkan kemampuan kognitif melalui metode bercerita pada Kelompok B di RA Al-Hikmah Karangrejo Boyolangu Tulungagung dilakukan dengan: a) Kegiatan Awal, Melaksanakan pembelajaran sebelum memasuki kegiatan inti, guru menyapa anak, mengucapkan salam, mengajak anak berdoa sebelum belajar dan bernyanyi. Setelah itu guru menanyakan tanggal hari dan menyampaikan tema dan sub tema yang akan bahas. b) Kegiatan Inti, Pada kegiatan inti dilakukan dengan guru mengajak anak untuk mengamati alat dan bahan yang disediakan, guru menanyakan konsep kendaraan pada anak dan guru bercerita terkait tema kendaraan. c) Kegiatan Akhir, Pada kegiatan akhir atau penutup, terkadang guru bertanya kepada anak menanyakan kembali kegiatan yang sudah dilakukan dan berdoa sebelum pulang. Dalam melaksanakan pembelajaran guru belum sepenuhnya melaksanakan sesuai dengan rencana yang sudah dibuatnya.Sebaiknya guru harus memperhatikan pijakan-pijakan sebelum memulai kegiatan supaya kegiatan ini mencapai tujuan yang diinginkan. 3) Evaluasi guru dalam mengembangkan kemampuan kognitif melalui metode bercerita pada Kelompok B di RA Al-Hikmah Karangrejo Boyolangu Tulungagung berlangsung dari awal sampai pada kegiatan akhir. Pada kegiatan awal guru bertanya tentang kegiatan yang sudah dilakukan hari sebelumnya Dan pada saat guru dalam mengembangkan kemampuan kognitif melalui metode bercerita. Guru melakukan tanya jawab mengenai cerita sesuai dengan tema dan sub tema saat kegiatan pembelajaran dan selalu mengamati setiap kegiatan anak.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > PAUD Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 12206173073 SITI RUKHOYYIATUN NI'MAH |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 03:59 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 03:59 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24134 |
Actions (login required)
View Item |