STRATEGI GURU TAHFIDZ DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN HAFALAN AL-QUR’AN SISWA PADA PROGRAM PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DI MADRASAH ALIYAH MATHOLI’UL ANWAR LAMONGAN

SITI NURUL ISTIANAH, 12201173142 (2021) STRATEGI GURU TAHFIDZ DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN HAFALAN AL-QUR’AN SISWA PADA PROGRAM PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DI MADRASAH ALIYAH MATHOLI’UL ANWAR LAMONGAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (928kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (567kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (618kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (942kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (247kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Strategi Guru Tahfidz Dalam Meningkatkan Kemampuan Hafalan Al-Qur’an Siswa Pada Program Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Matholi’ul Anwar Lamongan”, ditulis oleh Siti Nurul Istianah, NIM 12201173142, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Hj. Indah Komsiyah, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: Strategi, Guru, Program Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an. Menghafal al-Qur’an bukanlah sesuatu yang mudah, tetapi bukan pula sesuatu yang tidak mungkin. Mengenalkan al-Qur’an kepada siswa, mengajarkannya membaca, dan menghafalnya merupakan tanggung jawab seorang guru. Guru harus mempunyai strategi tersendiri dalam membimbing dan meningkatkan kemampuan hafalan al-Qur’an siswa. Karena keberhasilan siswa dalam menghafal tergantung pada cara atau strategi pembelajaran yang diterapkan guru. Berdasarkan latar belakang diatas, fokus penelitian ini sebagai berikut: (1) Perencanaan Strategi Guru Tahfidz dalam meningkatkan kemampuan hafalan Al-Qur’an siswa pada program pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Matholi’ul Anwar Lamongan, (2) Pelaksanaan Strategi Guru Tahfidz dalam meningkatkan kemampuan hafalan Al-Qur’an siswa pada program pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Matholi’ul Anwar Lamongan, (3) Evaluasi Strategi Guru Tahfidz dalam meningkatkan kemampuan hafalan Al-Qur’an siswa pada program pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Matholi’ul Anwar Lamongan,. Adapun tujuan penelitiannya adalah (1) Mengetahui Perencanaan Strategi Guru Tahfidz dalam meningkatkan kemampuan hafalan Al-Qur’an siswa pada program pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Matholi’ul Anwar Lamongan. (2) Mengetahui Pelaksanaan Strategi Guru Tahfidz dalam meningkatkan kemampuan hafalan Al-Qur’an siswa pada program pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Matholi’ul Anwar Lamongan. (3) Mengetahui Evaluasi Strategi Guru Tahfidz dalam meningkatkan kemampuan hafalan Al-Qur’an siswa pada program pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Matholi’ul Anwar Lamongan. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa uraian dengan gambaran data-data yang terkumpul secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan strategi guru tahfidz dalam meningkatkan kemampuan hafalan Al-Qur’an siswa pada program pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Matholi’ul Anwar Lamongan yaitu: Pertama, Merumuskan tujuan dibentuknya program pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Matholi’ul Anwar Lamongan. Kedua, Ketersediaan guru tahfidz Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Matholi’ul Anwar Lamongan. Ketiga, Menerapkan target hafalan dalam program pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Matholi’ul Anwar Lamongan. Keempat, Penyeleksian siswa untuk program pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Matholi’ul Anwar Lamongan. (2) Pelaksanaan Strategi Guru Tahfidz dalam meningkatkan kemampuan hafalan Al-Qur’an siswa pada program pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Matholi’ul Anwar Lamongan yaitu: Pertama, Waktu kegiatan pembelajaran dilaksanakan secara formal setiap minggu 2 jam pelajaran, secara non formal yaitu di pondok setor pagi untuk ziyadah menambah dan sore untuk murojaah. Kedua, Menentukan materi surah yang dihafalkan dalam program pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Matholi’ul Anwar Lamongan. Ketiga, Adanya metode dalam pelaksanaan program pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Matholi’ul Anwar Lamongan. (3) Evaluasi Strategi Guru Tahfidz dalam meningkatkan kemampuan hafalan Al-Qur’an siswa pada program pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Matholi’ul Anwar Lamongan yaitu: Pertama, Adanya Evaluasi hafalan setiap perolehan 1 juz di tes oleh koordinator Tahfidz. Kedua, Pengontrolan orang tua dan guru dengan diadakannya Tasmi’.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173142 SITI NURUL ISTIANAH
Date Deposited: 17 Jan 2022 07:57
Last Modified: 17 Jan 2022 07:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24149

Actions (login required)

View Item View Item