MUHAMMAD NAUFAL RASYID, 17205163323 (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, AND INTELECTUAL) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MI NURUL ULUM KENDALREJO TRENGGALEK. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (284kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (9kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (309kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (348kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (437kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (546kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (292kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (11kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (73kB) |
Abstract
Muhammad Naufal Rasyid. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, and Intelectual) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa MI Nurul Ulum Kendalrejo Trenggalek. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Satu Tulungagung. Pembimbing: Lailatuzz Zuhriyah, M.Fil.I Kata kunci: Model Pembelajaran SAVI, Motivasi, Hasil Belajar, Matematika Model pembelajaran yang kurang efektif dan konvensional cenderung berpusat pada guru dan mengakibatkan siswa tidak memahami bagaimana belajar, berpikir dan memotivasi diri. Oleh karena itu perlu adanya model pembelajaran yang dapat mengubah gaya belajar siswa yang aktif dan mampu memahami hingga menganalisis suatu permasalahan. Model pembelajaran yang tepat digunakan untuk meningkatkan keaktifan dan motivasi adalah pembelajaran SAVI. Model pembelajaran SAVI melibatkan keempat indera dan emosi dalam proses belajar. Model ini dapat menarik perhatian siswa dan membuat mereka lebih termotivasi, percaya diri dan senang saat belajar matematika. Rumusan penelitian ini adalah 1) Adakah pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap motivasi belajar Matematika Siswa MI Nurul Ulum Kendalrejo Trenggalek ?, 2) Adakah pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap hasil belajar Matematika Siswa MI Nurul Ulum Kendalrejo Trenggalek?, 3) Adakah pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap motivasi dan hasil belajar Matematika Siswa MI Nurul Ulum Kendalrejo Trenggalek ?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap motivasi dan hasil belajar Matematika Siswa MI Nurul Ulum Kendalrejo Trenggalek. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif menggunakan penelitian jenis kuasi eksperimen. Variabel independent dalam penelitian ini adalah pendekatan pembelajaran SAVI. Variabel dependent dalam penelitian ini adalah motivasi belajar dan hasil belajar matematika. Dalam penelitian ini populasinya ialah seluruh siswa kelas IV MI Nurul Ulum Kendalrejo Trenggalek. Adapun sampel yang digunakan peneliti adalah IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Kelas IV A berjumlah 16 siswa dan kelas IV B berjumlah 16 siswa. Instrumen Penelitian berupa observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Analisis Data berupa uji coba instrumen penelitian, uji prasyarat hipotesis, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Model pembelajaran SAVI berpengaruh terhadap motivasi belajar matematika siswa MI Nurul Ulum Kendalrejo Trenggalek. Ada perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar kelas eksperimen dan kelas control. 2) Model pembelajaran SAVI berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa MI Nurul Ulum Kendalrejo Trenggalek. Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. 3) Model pembelajaran SAVI berpengaruh secara simultan terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa MI Nurul Ulum Kendalrejo Trenggalek.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205163323 MUHAMMAD NAUFAL RASYID |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 07:06 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 07:06 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24150 |
Actions (login required)
View Item |