PENGARUH BUDAYA RELIGIUS SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTSN) 6 TULUNGAGUNG

FITRI DWI LESTARI, 12201173083 (2021) PENGARUH BUDAYA RELIGIUS SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTSN) 6 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (771kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (238kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (329kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (628kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (372kB) | Preview

Abstract

Fitri Dwi Lestari, 12201173083, 2021, “Pengaruh Budaya Religius Sekolah Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di MTs Negeri 6 Tulungagung” Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Germino Wahyu Broto, M.Si. Kata Kunci : Budaya Religius Sekolah, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya teori yang dikemukakan Hendrawati dan Prasojo, pengaruh budaya dan iklim sekolah terhadap prestasi sangat besar seperti yang dikatakan Sobirin bahwasannya budaya organisasi, termasuk di dalamnya budaya sekolah, merupakan variabel kunci yang bisa mendorong keberhasilan satu organisasi. Dengan budaya sekolah yang mengangkat nilai-nilai positif diharapkan dapat membiasakan anak untuk berperilaku positif. Siswa akan melihat bagaimana nilai-nilai yang ditanamkan organisasi sekolah akan mempengaruhi individu dan sekolah. Dengan hal ini, peneliti mengehubungkan budaya religius sekolah dan hasil belajar pada peserta didik di MTs Negeri 6 Tulungagung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Adakah pengaruh budaya religius sekolah terhadap hasil belajar kognitif peserta didik di MTs Negeri 6 Tulungagung? (2) Adakah pengaruh budaya religius sekolah terhadap hasil belajar afektif peserta didik di MTs Negeri 6 Tulungagung? (3) Adakah pengaruh budaya religius sekolah terhadap hasil belajar psikomotorik peserta didik di MTs Negeri 6 Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian non eksperimen dengan metode ex post facto dengan jenis regresi linier. Teknik menggunakan Simple Random Smpling. Populasi pada penelitian ini seluruh kelas VIII MTs Negeri 6 Tulungagung. Dengan pengambilan sampel menggunakan Simple Random Smpling karena sampel yang diambil adalah peserta didik kelas VIII A dan VIII B yang berjumlah 64 peserta didik. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan jumlah item sebanyak 20 pertanyaan untuk pengambilan data budaya religius sekolah pada peserta didik dan untuk hasil belajar peserta didik didapat dari guru. Teknik analisis data yang digunakan uji T dan Manova yang sebelumnya di uji prasyarat yaitu normalitas, homogenitas dan linieritas dengan bantuan SPSS.16. Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil uji T diperoleh nilai Sig. sebesar 0,000. Nilai Sig. < 0,05 maka Ha diterima H0 ditolak, artinya ada pengaruh budaya religius sekolah terhadap hasil belajar kognitif peserta didik di MTs Negeri 6 Tulungagung. (2) Hasil uji T diperoleh nilai Sig. sebesar 0,005. Nilai Sig. < 0,05 maka Ha diterima H0 ditolak, artinya ada pengaruh budaya religius sekolah terhadap hasil belajar afektif peserta didik di MTs Negeri 6 Tulungagung. (3) Hasil uji T diperoleh nilai Sig. sebesar 0,000. Nilai Sig. < 0,05 maka Ha diterima H0 ditolak, artinya ada pengaruh budaya religius sekolah terhadap hasil belajar afektif peserta didik di MTs Negeri 6 Tulungagung. Dari hasil uji Manova pada Pillai's Trace, Wilks' Lambda, Hotelling's Trace, dan Roy's Largest Root menunjukkan nilai sig 0,000. Ini berarti 0,000 < 0,05 sehingga Ha diterima H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara budaya religius sekolah terhadap hasil belajar peserta didik di MTsN 6 Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan Islam
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173083 Fitri Dwi Lestari
Date Deposited: 11 Mar 2022 02:56
Last Modified: 11 Mar 2022 02:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24162

Actions (login required)

View Item View Item