ANALISIS STANDARISASI LABORATORIUM IPA DI MTsN 1 BLITAR BERDASARKAN KESESUAIAN PEDOMAN PENGELOLAAN DAN PEMANFAATAN MANAJEMEN LABORATORIUM IPA

BELLA PUTRI APRILIA, 12208173024 (2021) ANALISIS STANDARISASI LABORATORIUM IPA DI MTsN 1 BLITAR BERDASARKAN KESESUAIAN PEDOMAN PENGELOLAAN DAN PEMANFAATAN MANAJEMEN LABORATORIUM IPA. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Standarisasi Laboratorium IPA di MTsN 1 Blitar Berdasarkan Kesesuaian Pedoman Pengelolaan dan Pemanfaatan Manajemen Laboratorium IPA” ini ditulis oleh Bella Putri Aprilia, NIM 12208173024 dengan dosen pembimbing Ibu Haslinda Yasti Agustin, S.Si. M.Pd. Kata Kunci: Standar Laboratorium IPA SMP/MTs, Manajemen Laboratorium IPA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa kasus temuan di lapangan bahwasannya terdapat beberapa lembaga yang memiliki laboratorium IPA belum standar. Padahal, pada dasarnya laboratorium ini merupakan salah satu penunjang proses belajar mengajar, apalagi dalam dunia IPA. Keberadaan laboratorium IPA ini sangat penting dan pada dasarnya standar laboratorium IPA jenjang SMP/MTs ini juga sudah diatur dalam buku pedoman pengelolaan dan pemanfaatan laboratorium IPA. Selain panduan, laboratorium juga memiliki sebuah manajemen yang dijadikan sebagai acuan untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar berbasis laboratorium, sistem organisasi dan pengelolaan laboratorium yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menganalisis kondisi lapangan yang ada pada laboratorium IPA MTsN 1 Blitar dibandingkan dengan Pedoman Pengelolaan dan Pemanfaatan Laboratorium IPA jenjang SMP/MTs. (2) Mendeskripsikan perencanaan manajemen laboratorium IPA di MTsN 1 Blitar. (3) Mendeskripsikan pengorganisasian manajemen laboratorium IPA di MTsN 1 Blitar. (4) Mendeskripsikan pelaksanaan manajemen laboratorium IPA di MTsN 1 Blitar. (5) Mendeskripsikan evaluasi manajemen laboratorium IPA di MTsN 1 Blitar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dengan pendekatan kualitatif jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini adalah MTsN 1 Blitar. Sumber data berasal dari waka sarana dan prasarana, kepala laboratorium, guru mata pelajaran IPA, dan peserta didik kelas 9 MTsN 1 Blitar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, komunikasi tidak langsung dan dokumentasi. Hasil penelitian meliputi: (1) Kondisi laboratorium IPA MTsN 1 Blitar dari segi tata letak, standar ruangan, standar alat dan bahan serta sanitasi cukup sesuai dengan pedoman yang ada dan sudah layak. (2) Tahap perencanaan manajemen laboratorium IPA di MTsN 1 Blitar dilaksanakan oleh semua orang yang ada dalam struktur organisasi laboratorium IPA, atau bisa dikatakan adalah semua pengelola laboratorium IPA MTsN 1 Blitar. Tahap perencanaan dilakukan secara berkala pada awal semester, untuk menentukan rencana apa saja yang akan dijalankan untuk semester kedepan dengan cara semua pengelola laboratorium duduk bersama bermusyawarah membahas agenda/perencanaan untuk kedepannya. (3) Dalam segi struktural di MTsN 1 Blitar terdapat laboran sebagaimana mestinya, akan tetapi dalam implementasinya laboran akhir-akhir ini kurang berperan di laboratorium, yang mengakibatkan terhambatnya proses administrasi dan segala kegiatan di laboratorium IPA MTsN 1 Blitar. (4) Secara keseluruhan, sebenarnya pelaksanaan di laboratorium IPA MTsN 1 Blitar ini sudah berjalan lancar, hal ini terbukti dari antusias peserta didik jauh lebih tinggi apabila belajar di laboratorium daripada di kelas, dan juga dari segi penggunaan sudah lumayan optimal pemanfaatannya. (5) Tahap evaluasi manajemen laboratorium IPA di MTsN 1 Blitar yang didapat dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dilakukan secara berkala pada setiap akhir program/akhir semester.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: S1 12208173024 BELLA PUTRI APRILIA
Date Deposited: 18 Jan 2022 07:05
Last Modified: 18 Jan 2022 07:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24181

Actions (login required)

View Item View Item