LENI AGUSTIN PUTRI, 12211173044 (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI KELAS VIII DI SMPN 1 KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (788kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (393kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI .pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I .pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB II .pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III .pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV .pdf Download (979kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (575kB) | Preview |
|
Text
BAB VI .pdf Download (205kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (230kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar IPA pada Materi Getaran dan Gelombang dalam Kehidupan Sehari-hari Kelas VIII di SMPN 1 Kademangan Blitar”. Ini ditulis oleh Leni Agustin Putri, NIM. 12211173044, Jurusan Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Husni Cahyadi Kurniawan, M. Si. Kata Kunci : Blended Learning, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar. Seorang pendidik dalam melaksanakan pembelajaran dituntut untuk memilih model pembelajaran yang sesuai dengan materi dan kondisi siswa agar dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar IPA pada materi getaran dan gelombang dalam kehidupan sehari-hari kelas VIII di SMPN 1 Kademangan Blitar. Model Pembelajaran Blended Learning diharapkan mampu membantu siswa dalam belajar IPA, sehingga motivasi dan prestasi belajar IPA meningkat. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap motivasi belajar IPA pada materi getaran dan gelombang dalam kehidupan sehari-hari kelas VIII di SMPN 1 Kademangan Blitar. (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap prestasi belajar IPA pada materi getaran dan gelombang dalam kehidupan sehari-hari kelas VIII di SMPN 1 Kademangan Blitar. (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap motivasi dan prestasi belajar IPA pada materi getaran dan gelombang dalam kehidupan sehari-hari kelas VIII di SMPN 1 Kademangan Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya eksperimen semu (quasi experiment). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMPN 1 Kademangan Blitar. Sampel pada penelitian ini menggunakan 2 kelas, yaitu kelas VIII C sebagai kelas eksperimen berjumlah 32 siswa dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, tes, lembar observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan analisis uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, uji t-tes, dan manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap motivasi belajar IPA pada materi getaran dan gelombang dalam kehidupan sehari-hari kelas VIII di SMPN 1 Kademangan Blitar dengan nilai yaitu 3,271 ≥ 1,999 maka ditolak dan diterima. (2) Ada pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap prestasi belajar IPA pada materi getaran dan gelombang dalam kehidupan sehari-hari kelas VIII di SMPN 1 Kademangan Blitar dengan nilai yaitu 1,179 ≥ 1,999 dan 1,350 ≥ 1,999 maka ditolak dan diterima. (3) Ada pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap motivasi dan prestasi belajar IPA pada materi getaran dan gelombang dalam kehidupan sehari-hari kelas VIII di SMPN 1 Kademangan Blitar dengan nilai signifikansi 0,006 < 0,05, maka ditolak dan diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan > Prestasi Belajar Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | Leni 12211173044 Agustin |
Date Deposited: | 21 Jan 2022 01:25 |
Last Modified: | 21 Jan 2022 01:25 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24186 |
Actions (login required)
View Item |