PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV MIN 6 BLITAR

ASDAH HURIROH, 17205163260 (2021) PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV MIN 6 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (396kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (371kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (731kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (334kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (217kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (311kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini ditulis oleh Asdah Huriroh, NIM : 17205163260. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida‟iyah (PGMI) , Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri Tulungagung (IAIN), dengan judul “Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas IV MIN 6 Blitar”Dosen Pembimbing Drs. H. Jani, M.M., M.Pd Kata Kunci : Gaya Belajar, Prestasi Belajar IPA Penelitian ini di latarbelakangi oleh permasalahan yang sering muncul terkait dalam prestasi belajar IPA adalah kemampuan siswa untuk memahami dan menyerap informasi tentunya berbeda-beda tingkatnya. Ada yang cepat, sedang, dan lambat, karena itulah siswa sering kali harus menempuh cara yang berbeda beda untuk bisa memahami setiap informasi. Ketika siswa sudah memahami gaya belajarnya sendiri, maka siswa tersebut dapat memproses materi pelajaran atau informasi dengan baik dan masuk ke dalam ingatan jangka panjang siswa terkadang mengalami kesulitan memahami materi yang dijelaskan oleh guru, sehingga sering bertanya kembali kepada teman sebayanya, terdapat siswa yang juga sulit memahami materi apabila tidak diberikan contoh atau dituliskan pada papan tulis, terdapat siswa yang sulit memahami materi apabila tidak mendengarkan ketika guru sedang menjelaskan materi, terdapat juga siswa yang tidak tahan duduk berlama-lama dan ingin selalu bergerak agar mampu memahami materi. Guru juga mengatakan dalam penyampaian materi tidak selalu menggunakan bantuan alat peraga dalam penyampaian materi. Rumusan masalah dari penelitian ini meliputi (1) Adakah pengaruh gaya belajar visual terhadap prestasi belajar IPA Siswa kelas IV MIN 6 Blitar Tahun Ajaran 2019/2020 (2) Adakah pengaruh gaya belajar auditorial terhadap prestasi belajar IPA Siswa kelas IV MIN 6 Blitar Tahun Ajaran 2019/2020 (3) Adakah pengaruh gaya belajar kinestetik terhadap prestasi belajar IPA MIN 6 Blitar Tahun Ajaran 2019/2020. Tujuan penelitian :(1) Untuk mengetahui pengaruh gaya belajar visual siswa kelas IV terhadap prestasi belajar IPA MIN 6 Blitar Tahun Ajaran 2019/2020 (2) Untuk mengetahui pengaruh gaya belajar auditorial siswa kelas IV terhadap prestasi belajar IPA MIN 6 Blitar Tahun Ajaran 2019/2020(3) Untuk mengetahui pengaruh gaya belajar kinestetik siswa kelas IV terhadap prestasi belajar IPA di MIN 6 Blitar Tahun Ajaran 2019/2020 Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis pendekatan kuantitatif korelasi. Dengan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah melalui uji asumsi klasik yaitu meliputi : Uji normalitas data, dan uji homogenitas data dan melalui uji hipotesis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan gaya belajar visual terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas IV di MIN 6 Blitar. Hal ini ditunjukkan nilai Sig. ttabel untuk variabel gaya belajar visual adalah 0,000 < 0,05) dan nilai thitung (3,064) > ttabel) (2,018) maka H0 ditolak dan H a diterima. (2) Ada pengaruh positif dan signifikan gaya belajar auditorial terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas IV di MIN 6 Blitar. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Sig. ttabel untuk variabel gaya belajar auditorial adalah 0,000. Dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas (0,000 < 0,05) dan nilai thitung (936) ttabel (2,018) maka H0 ditolak dan Ha diterima. (3) Ada pengaruh positif dan signifikan gaya belajar kinestetik terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas IV MIN 6 Blitar. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Sig. ttabel untuk variabel gaya belajar kinestetik adalah 0,000. Dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas (0,000 < 0,05) dan nilai thitung(4,502) > ttabel (2,018) maka H0 ditolak dan diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Gaya Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163260 ASDAH HURIROH
Date Deposited: 19 Jan 2022 06:47
Last Modified: 19 Jan 2022 06:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24194

Actions (login required)

View Item View Item