PEMBELAJARAN LUAR DAN DALAM JARINGAN MENGGUNAKAN APLIKASI YOUTUBE PADA MATERI PECAHAN UANG DI KELAS II (Studi Kasus di MI Hidayatuth Tholibin Tulungagung Tahun 2020)

MOHAMAD ZHAINAL ARIFIN, 12205173228 (2021) PEMBELAJARAN LUAR DAN DALAM JARINGAN MENGGUNAKAN APLIKASI YOUTUBE PADA MATERI PECAHAN UANG DI KELAS II (Studi Kasus di MI Hidayatuth Tholibin Tulungagung Tahun 2020). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini dengan judul: “Pembelajaran Luar dan Dalam Jaringan Menggunakan Aplikasi Youtube pada Materi Pecahan Uang di Kelas II (Studi kasusu di MI Hidayatuth Tholibin Tulungagung Tahun 2020)” ini ditulis oleh Mohamad Zhainal Arifin, NIM 12205173228, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Dosen pembimbing Prof. Dr. H. Imam Fuadi, M.Ag. Kata kunci: Pembelajaran Luar dan Dalam Jaringan, aplikasi youtube, pecahan uang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran di MI Hidayatuth Tholibin Tulungagung selama pandemi COVID-19 pada pembelajaran materi pecahan uang. Karena waktu pandemi pembelajaran pecahan uang tidak dapat dilaksanakan dengan tatap muka, dan pada akhirnya dilaksanakan dengan pembelajaran luring dan daring menggunakan aplikasi youtube. Fokus penelitian pada skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pembelajaran guru dalam menjelaskan berbagai pecahan uang secara luring dan daring menggunakan aplikasi youtube di MI Hidayatuth Tholibin Tulungagung? 2) Bagaimana pembelajaran guru dalam membandingkan pecahan uang dengan cermat secara luring dan daring menggunakan aplikasi youtube di MI Hidayatuth Tholibin Tulungagung? 3) Bagaimana pembelajaran guru dalam mengurutkan pecahan uang dengan cermat secara luring dan daring menggunakan aplikasi youtube di MI Hidayatuth Tholibin Tulungagung? Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitiannya di MI Hidayatuth Tholibin Tulungagung. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan datanya menggunakan uji credibility (validitas internal), uji transferability (validitas eksternal), uji dependability (reabilitas) serta uji confirmability (objektifitas). Hasil Penelitiannya: Pembelajaran Luar dan Dalam Jaringan Menggunakan Aplikasi Youtube pada Materi Pecahan Uang di Kelas II (Studi kasusu di MI Hidayatuth Tholibin Tulungagung Tahun 2020), pertama yaitu dengan melaksanakan kegiatan pembelajaran luring dengan membagikan siswa di beberapa titik tempat dengan menjelaskan, membandingkan, mengurutkan pecahan uang, pembelajaran dimulai 07.00 pagi namun waktu yang diperoleh terbatas. Kedua pembelajaran dalam menjelaskan, membandingkan, mengurutkan pecahan uang dilaksanakan daring menggunakan aplikasi youtube. Pada pembelajaran ini waktu yang diperoleh lebih luas, siswa bisa mengulang video pembelajaran ketika ada yang belum difahami, dan lebih efisien dilaksanakan selama pandemi COVID-19.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S1 12205173228 MOHAMAD ZHAINAL ARIFIN
Date Deposited: 19 Jan 2022 04:19
Last Modified: 19 Jan 2022 04:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24204

Actions (login required)

View Item View Item