PENERAPAN METODE KETELADANAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PADA MATA PELAJARAN PAI SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 PANGGUL TRENGGALEK

MUFIDATUL FARIDAH, 12201173356 (2021) PENERAPAN METODE KETELADANAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PADA MATA PELAJARAN PAI SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 PANGGUL TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (941kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (586kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (267kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (893kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (278kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (242kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Keteladanan dalam Membentuk Karakter Religius pada Mata Perlajaran PAI Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Panggul Trenggalek” ini ditulis oleh Mufidatul Faridah, NIM 12201173356, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, dibimbing oleh Lilis Anifiah Zulfa, M. Pd. Kata Kunci : metode keteladanan, karakter religius Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang ditemui memiliki sikap dan perilaku yang tidak baik bahkan pada kenyataannya masih banyak terjadi kasus-kasus kenakalan di kalangan pelajar seperti perkelaian, pergaulan bebas, tindak kekerasan yang dilakukan oleh pelajar, pencurian, dan lain sebagainya. Hal tersebut terjadi karena kurangnya keimanan, akhlak, dan nilai-nilai agama Islam di kalangan pelajar. Maka dari itu, diperlukan metode keteladanan yang baik sehingga dapat membentuk karakter religius siswa. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah bentuk perencanaan penerapan metode keteladanan karakter religius pada Mata Pelajaran PAI siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Panggul Trenggalek? (2) Bagaimanakah bentuk pelaksanaan penerapan metode keteladanan karakter religius pada Mata Pelajaran PAI siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Panggul Trenggalek? (3) Bagaimanakah bentuk evaluasi penerapan metode keteladanan karakter religius pada Mata Pelajaran PAI siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Panggul Trenggalek?. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan bentuk perencanaan penerapan metode keteladanan karakter religius pada Mata Pelajaran PAI siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Panggul Trenggalek (2) Untuk mendeskripsikan bentuk pelaksanaan penerapan metode keteladanan karakter religius pada Mata Pelajaran PAI siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Panggul Trenggalek (3) Untuk mendeskripsikan bentuk evaluasi penerapan metode keteladanan karakter religius pada Mata Pelajaran PAI siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Panggul Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Panggul Trenggalek, dengan mengoptimalkan kehadiran peneliti dalam penggalian datanya, dengan berdasarkan dua sumber (1) data primer dan (2) data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, data display (penyajian data), verifikasi. Selanjutnya pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan pengamatan, ketekunan/keajegan pengamatan, triangulasi, pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian skripsi ini, yaitu perencanaanya: guru membuat perangkat pembelajaran seperti RPP, Prota, dan Promes serta menetapkan tujuan pembelajaran, memilih dan mengembangkan bahan pelajaran serta menggunakan media pembelajaran yang sesuai. Selanjutnya pelaksanaannya: guru menciptakan suasana pembelajaran yang tepat, guru memberikan contoh yang baik, guru mengamati kegiatan pembelajaran siswa, guru mengatur siswa dalam kegiatan pembelajaran, guru memilih metode pembelajaran yang tepat dan efektif, serta guru menilai hasil belajar siswa. Kemudian evaluasinya: penilaian kelas, penilaian praktek, penilaian sikap, penilaian penugasan, penilaian kelompok, dan evaluasi lainnya dilakukan pada saat memperingati hari-hari besar keagamaan seperti lomba salawat, lomba MTQ, lomba puisi islami, lomba azan, dan sebagainya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Pendidikan > SQ
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173356 MUFIDATUL FARIDAH
Date Deposited: 20 Jan 2022 00:58
Last Modified: 20 Jan 2022 00:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24222

Actions (login required)

View Item View Item