HIDAYATUL MUFIDAH, 12201173457 (2021) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENGATASI PERILAKU MENYIMPANG PESERTA DIDIK DI MTsN 1 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (13MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (358kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (195kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (507kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (629kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (362kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (395kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (187kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (255kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan Judul “Peran Guru Akidah Akhlak dalam Mengatasi Perilaku Menyimpang Peserta Didik di MTsN 1 Kota Blitar” ini ditulis Oleh Hidayatul Mufidah, NIM. 12201173457, dosen pembimbing Dr. Hj. Sulistyorini, M.Ag. Kata Kunci: Peran guru akidah akhlak, Megatasi Perilaku Menyimpang, Peserta didik. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyaknya permasalahan moral berkaitan dengan perilaku menyimpang anak usia sekolah yang ditunjukkan melalui berbagai media dan berita. Hal ini menjadi suatu ketimpangan dengan tujuan mengatasi perilaku menyimpang di Indonesia yang bisa dikatakan belum optimal. Dalam mengatasi perilaku menyimpang siswa, guru memiliki peran yang sangat penting, sehingga disini perlu adanya peran guru dalam mengatasi perilaku menyimpang, agar tujuan mengatasi perilaku menyimpang ini bisa benar-benar terwujud. Peran utama guru yang perlu diterapkan adalah peran guru sebagai teladan, motivator dan juga f asilitator. Fokus skripsi ini adalah: (1) Bagaimana peran guru akidah akhlak sebagai teladan dalam mengatasi perilaku menyimpang peserta didik di MTsN 1 Kota Blitar? (2) Bagaimana peran guru akidah akhlak sebagai motivator dalam mengatasi perilaku menyimpang peserta didik di MTsN 1 Kota Blitar? (3) Bagaimana peran guru akidah akhlak sebagai fasilitator dalam mengatasi perilaku menyimpang peserta didik di MTsN 1 Kota Blitar? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskripsi. Lokasi penelitian di MTsN 1 Kota Blitar, Kelurahan Karangsari, Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar. Dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru Bimbingan Konseling, semua guru akidah akhlak dan peserta didik kelas 7, 8 dan 9. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengabsahan data menggunakan, pengamatan,meningkatkan ketekunan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Peran guru akidah akhlak sebagai teladan dalam mengatasi perilaku menyimpang peserta didik di MTsN 1 Kota Blitar yaitu : Olah Hati, Olah Pikir, Olah rasa, dan olah raga (2) Peran guru akidah akhlak sebagai motivator dalam mengatasi perilaku menyimpang peserta didik di MTsN 1 Kota Blitar melalui empat bentuk yaitu penerapan program pembiasaan, Pemberian nasehat, Kegiatan xvii latihan, dan Tindakan Hukuman. (3) Peran guru akidah akhlak sebagai fasilitator dalam mengatasi perilaku menyimpang peserta didik di MTsN 1 Kota Blitar sudah terlaksana dengan baik namun belum keseluruhan dari sebelas peran guru sebagai fasilitator diterapkan dengan baik, diantaranya guru berusaha mendengarkan tidak mendomisansai, bersikap sabar, menghargai, dan rendahhati, mau belajar, bersikap sederajat, tidak berusaha menceramahi, berwibawa, tidak memihak dan mengkritik, bersikap terbuka, bersikap akrab, melebur dan bersika Positif.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan > Pendidikan Karakter Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201173457 HIDAYATUL MUFIDAH |
Date Deposited: | 20 Jan 2022 02:20 |
Last Modified: | 20 Jan 2022 02:20 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24258 |
Actions (login required)
View Item |