STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM BERBASIS EKONOMI KREATIF DI KABUPATEN TRENGGALEK BERDASARKAN ASPEK KEKUATAN KELEMAHAN PELUANG DAN TANTANGAN

SEPTI TRIANINGRUM, 17402163154 (2021) STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM BERBASIS EKONOMI KREATIF DI KABUPATEN TRENGGALEK BERDASARKAN ASPEK KEKUATAN KELEMAHAN PELUANG DAN TANTANGAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (609kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (312kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Ekonomi Kreatif di Kabupaten Trenggalek Berdasarkan Aspek Kekuatan, Kelemahan, Peluang, dan Tantangannya” ini ditulis oleh Septi Trianingrum, NIM 17402163154, pembimbing bapak Syamsul Umam, S.H.I.,M.H. Penelitian ini dilatar belakangi oleh cita-cita Bupati Trenggalek bapak Moch. Nur Arifin yang ingin menjadikan Kabupaten Trenggalek sebagai kota kreatif dengan ciri khasnya sendiri. Untuk mewujudkan hal tersebut setiap usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) diharuskan untuk terus mengembangkan usahanya. Dalam mengembangkan dan membangun usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang berkualitas diperlukan strategi-strategi yang tepat. Penelitian ini berfokus pada, bagaimana strategi pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang berbasis ekonomi kreatif di Kabupaten Trenggalek, dan juga bagaimana strategi pengembangan usaha mikro kecil dan mengengah (UMKM) berdasarkan aspek kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangannya. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah, (1) untuk mengetahui strategi pengembangan UMKM yang berbasis ekonomi kreatif di Kabupaten Trenggalek, dan juga (2) untuk mengetahui aspek kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan yang dihadapi UMKM kreatif di Kabupaten Trenggalek Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan 3 informan, yaitu pemilik UMKM kreatif yang menjadi subjek penelitian. Data yang diperoleh kemudian diklasifikasikan berdasarkan aspek kekuatan,kelemahan, peluang, dan tantangan lalu dilakukan analisis strategi silang menggunakan Matrik SWOT guna menentukan strategi yang dapat digunakan. Dari hasil analisis dengan Matrik SWOT diperoleh strategi antara lain, pelatihan kepada calon tenaga kerja, pembentukan tim dan perencanaan, inovasi produk, promosi yang menarik, dan membangun komunikasi dengan konsumen. Kata Kunci: UMKM, Ekonomi Kreatif

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Entrepreneur
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Ekonomi > UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 17402163154 SEPTI TRIANINGRUM
Date Deposited: 20 Jan 2022 06:36
Last Modified: 20 Jan 2022 06:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24278

Actions (login required)

View Item View Item