PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DALAM PENULISAN TEKS ANEKDOT BERBASIS DARING PADA SISWA KELAS X SMA WAHIDIYAH KARANGREJO

WINDA SEPTRILIA HANDINI, 12210173046 (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DALAM PENULISAN TEKS ANEKDOT BERBASIS DARING PADA SISWA KELAS X SMA WAHIDIYAH KARANGREJO. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (405kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (329kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (290kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match dalam Penulisan Teks Anekdot Berbasis Daring pada Siswa Kelas X SMA Wahidiyah Karangrejo Tulungagung”ini ditulis oleh Winda Septrilia Handini, NIM. 12210173046, pembimbing Mustofa ,S.S.,M.Pd. Kata Kunci: Model, Make A Match, Menulis, Teks Anekdot, Daring Model pembelajaran merupakan pola umum perilaku pembelajaran yang digunakan oleh pendidik untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Model pembelajaran yang digunakan pendidik di kelas X SMA Wahidiyah Karangrejo Tulungagung dalam pembelajaran menulis teks anekdot masih menggunakan model konvensional. Hal tersebut membuat peserta didik kurang berantusias dalam mengembangkan ide-ide yang dimiliki. Model pembelajaran yang dibahas dalam penelitian ini yaitu model make a match (mencari pasangan) dalam menulis teks anekdot. Make a match merupakan model adobsi dari model make a match dalam skripsi Sefri Rahma Wardani, Amir Fuady, dan Andayani dengan judul penelitian Peningkatan Keaktifan dan Kemampuan Menulis Teks Anekdot dengan Menggunakan Model Pembelajaran Make a Match Pada Siswa Kelas X SMK. Make a match merupakan suatu konsep model pembelajaran dengan cara mencari pasangan dari kartu atau potongan gambar.. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Adakah Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dalam Penulisan Teks Anekdot Berbasis Daring pada Siswa Kelas X SMA Wahidiyah Karangrejo? Penulis menggunakan jenis kuantitatif dengan metode eksperimen (one design pretest and postest). Populasi penelitian, yaitu kelas X SMA Wahidiyah Karangrejo Tulungagung. Sampel penelitian yang digunakan yaitu keseluruhan peserta didik kelas X dengan jumlah 15 peserta didik. Sampling dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh karena populasi relatif kecil, dan seluruh populasi digunakan sebagai sampel penelitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Tes yang dilakukan yaitu pre-tes dan post-tes menulis teks anekdot. Analisis data menggunakan Statistical Package for the Social Science (SPSS) 25 for windows. Berdasarkan rumusan masalah yang telah diajukan, maka hasil penelitian adalah sebagai berikut. 1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikasi antara penerapan model make a match dengan pembelajaran menulis teks anekdot. Hal ini dibuktikan dengan nilai uji paired sampel t-tes Asymp. Sig<0,05 dengan nilai sebesar 0,000<0,05, maka hipotesis diterima. Nilai 0.05 didapat karena peneliti menggunakan keakuratan 5% =0,05. Pengaruh menulis teks anekdot pre-tes (tanpa menggunakan metode), dan pos-tes (menggunakan model make a match) di kelas X SMA Wahidiyah Karangrejo Tulungagung. Nilai rata-rata hasil belajar menulis teks anekdot pre-tes sebesar 63 dan pos-tes sebesar 88. Uji normalitas nilai pretest sebesar 0,0780,05, sedangkan nilai posttest sebesar 0,5780,05 yang berarti nilai keduanya berkontribusi normal. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pos-tes (tes menerapkan model make a match) lebih berpengaruh dibandingkan pre-tes (tes dengan pembelajaran konvensional).

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Bahasa Dan Sastra > Literasi
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210173046 WINDA SEPTRILIA HANDINI
Date Deposited: 21 Jan 2022 03:47
Last Modified: 21 Jan 2022 03:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24284

Actions (login required)

View Item View Item