STRATEGI GURU PADA EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TEMATIK PESERTA DIDIK DI MI AL-HIDAYAH 02 BETAK, KALIDAWIR, TULUNGAGUNG

DEVI RAHMADANI PUSPITA NINGRUM, 12205173294 (2021) STRATEGI GURU PADA EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TEMATIK PESERTA DIDIK DI MI AL-HIDAYAH 02 BETAK, KALIDAWIR, TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (81kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (81kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (352kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (101kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB)

Abstract

Devi Rahmadani Puspita Ningrum. NIM. 12205173294. Strategi Guru pada Efektivitas Pembelajaran Tematik Peserta Didik di MI Al-Hidayah 02 Betak, Kalidawir, Tulungagung. Skripsi. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing Dr. Muhammad Zaini, MA. Kata kunci: Strategi Guru, Efektivitas pembelajaran. Penerapan kurikulum 2013 memerlukan perubahan paradigma pembelajaran, dimana lembaga pendidikan khususnya SD/MI diberi ruang gerak yang luas dalam mengelola sumber daya yang ada. Dengan cara mengalokasikan seluruh potensi dan prioritas sehingga mampu melakukan terobosan-terobosan sistem pembelajaran yang efektif dan berpusat pada peserta didik. Salah satu upaya yang dilakukan guru di MI Al-Hidayah 02 Betak, Kalidawir, Tulungagung diantaranya menggunakan strategi-strategi pembelajaran agar kegiatan belajar dapat berjalan secara efektif dan dapat mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan strategi guru pada efektivitas pembelajaran tematik peserta didik dengan penggunaan metode mengajar di MI Al-Hidayah 02 Betak, Kalidawir, Tulungagung. (2) Untuk mendiskripsikan strategi guru pada efektivitas pembelajaran tematik peserta didik dengan menggunakan media mengajar di MI Al-Hidayah 02 Betak, Kalidawir, Tulungagung. (3) Untuk mendiskpisikan strategi guru pada efektivitas pembelajaran tematik peserta didik dengan pengelolaan kelas di MI Al-Hidayah 02 Betak, Kalidawir, Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber datanya yaitu Guru dan peserta didik MI Al-Hidayah 02 Betak, kalidawir, Tulungagung. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, data display, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan uji kreadibiltas (perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, analisis kasus negatif, menggunakan bahan referensi, mengadakan member check), pengujian transferability, pengujian dependability, dan pengujian konfirmability. Hasil penelitian. Pertama, strategi guru pada efektivitas pembelajaran tematik peserta didik dengan penggunaan metode mengajar di MI Al-Hidayah 02 Betak, Kalidawir, Tulungagung meliputi metode ceramah, metode diskusi, dan metode demonstrasi. Kedua, strategi guru pada efektivitas pembelajaran tematik peserta didik dengan penggunaan media mengajar di MI Al-Hidayah 02 Betak, Kalidawir, Tulungagung meliputi media visual dan media audiovisual. Ketiga, strategi guru pada efektivitas pembelajaran tematik peserta didik dengan pengelolaan kelas di MI Al-Hidayah 02 Betak, Kalidawir, Tulungagung meliputi menciptakan kebersihan dan keindahan kelas, mengatur tempat duduk, dan pembentukan tata tertib kelas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: SKRIPSI 12205173294 DEVI RAHMADANI PUSPITA NINGRUM
Date Deposited: 21 Jan 2022 01:31
Last Modified: 21 Jan 2022 01:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24288

Actions (login required)

View Item View Item