ANALISIS PENERAPAN MARKETING MIX DALAM PERSPEKTIF SYARIAH PADA UD. BIMA JAYA KONVEKSI SERAGAM DESA WAJAK LOR KABUPATEN TULUNGAGUNG DI ERA INDUSTRI 4.0

ABDUL HARIS BIMANTORO, 12405173103 (2021) ANALISIS PENERAPAN MARKETING MIX DALAM PERSPEKTIF SYARIAH PADA UD. BIMA JAYA KONVEKSI SERAGAM DESA WAJAK LOR KABUPATEN TULUNGAGUNG DI ERA INDUSTRI 4.0. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (935kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (173kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (181kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (102kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Penerapan Marketing Mix Dalam Perspektif Syariah Pada UD. Bima Jaya Konveksi Seragam Desa Wajak Lor Kabupaten Tulungagung di Era Industri 4.0” ini ditulis oleh Abdul Haris Bimantoro, NIM 12405173103, pembimbing Dr. H. Dede Nurohman, M.Ag. Pada obyek penelitian yaitu UD. Bima Jaya Konveksi Seragam merupakan sebuah konveksi yang cukup terkenal dan ramai di daerah setempat karena di era sekarang yaitu era industri 4.0 produk yang dipasarkan telah laku kurang lebih 10.000 pcs per tahun maka peneliti melakukan penelitian ini untuk mengetahui penerapan strategi marketing mix yang dilakukan oleh UD. Bima Jaya Konveksi Seragam di era industri 4.0. Fokus penelitian ini yaitu; (1) Bagaimana analisis penerapan marketing mix 4P (Product, Price, Promotion, Place) dalam perspektif syariah di era industri 4.0; (2) Bagaimana kendala yang dihadapi UD. Bima Jaya Konveksi Seragam dalam menerapkan marketing mix dalam perspektif syariah di era industri 4.0. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer yaitu data yang di dapat dari sumber yang ada di lapangan melalui wawancara mendalam dan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data sekunder diperoleh melalui studi kepustakaan yakni mempelajari buku, jurnal, artikel, tulisan para ilmuwan yang ada kaitannya dengan obyek penelitian. Metode pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi redukasi data, penyajian data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan marketing mix dalam perspektif syariah di era indutri 4.0 lebih di fokuskan pada strategi marketing mix 4P (Product, Price, Promotion, Place) yaitu: 1) Produk dengan menjaga kualitas produk dan menyediakan dengan berbagai macam ukuran; 2) Harga yang ditawarkan terjangkau dan beragam sesuai dengan ukuran produk; 3) Promosi, melakukan promosi dengan menggunakan cara personal selling dan di era industri 4.0 ini UD. Bima Jaya Konveksi Seragam promosi melalui market place yaitu facebook; 4) Tempat atau saluran distribusi, dengan saluran distribusi secara langsung dan distribusi tidak langsung. Kendala yang dihadapi: 1) Produk, terkadang stok produk kurang memadai; 2) Harga, ketidakstabilan harga bahan baku; 3) Promosi, kurangnya keahlian di bidang teknologi khususnya promosi melalui media sosial; 4) Tempat atau saluran Distribusi, lokasi produksi yang berada di lingkungan pedesaan. Kata Kunci: Penerapan, Marketing Mix Syariah, Era Industri 4.0

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Entrepreneur
Ekonomi > Manajemen Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 12405173103 ABDUL HARIS BIMANTORO
Date Deposited: 24 Jan 2022 06:54
Last Modified: 24 Jan 2022 06:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24299

Actions (login required)

View Item View Item