ANALISIS BAURAN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN IKAN ASAP PADA UMKM IKAN ASAP SUMBER BERKAH DESA NGEPEH KECAMATAN BANDUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG

SUNIKA RIZKY SAPUTRI, 12405173117 (2021) ANALISIS BAURAN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN IKAN ASAP PADA UMKM IKAN ASAP SUMBER BERKAH DESA NGEPEH KECAMATAN BANDUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (749kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (290kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Bauran Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan Ikan Asap pada UMKM Ikan Asap Sumber Berkah Desa Ngepeh Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Sunika Rizky Saputri, NIM. 12405173117, Jurusan Manajemen Bisnis Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung dengan dosen pembimbing Dr. Muhammad Aswad, S.Ag., M.A. Bauran pemasaran merupakan model pemasaran terintegrasi yang memadukan unsur produk, harga, tempat, dan promosi. UMKM Ikan Asap Sumber Berkah merupakan UMKM bergerak dibidang pengolahan ikan asap yang terletak di Desa Ngepeh, Kecamatan Bandung, Kabupaten Tulungagung telah menerapkan bauran pemasaran dalam usahanya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bauran pemasaran dalam meningkatkan penjualan ikan asap pada UMKM Ikan Asap Sumber Berkah. Rumusan masalah pada penelitian ini: 1) Bagaimana analisis bauran pemasaran produk (product) dalam meningkatkan penjualan pada UMKM Ikan Asap Sumber Berkah Ngepeh Bandung Tulungagung? 2) Bagaimana analisis bauran pemasaran harga (price) dalam meningkatkan penjualan pada UMKM Ikan Asap Sumber Berkah Ngepeh Bandung Tulungagung? 3) Bagaimana analisis bauran pemasaran tempat (place) dalam meningkatkan penjualan pada UMKM Ikan Asap Sumber Berkah Ngepeh Bandung Tulungagung? 4) Bagaimana analisis bauran pemasaran promosi (promotion) dalam meningkatkan penjualan pada UMKM Ikan Asap Sumber Berkah Ngepeh Bandung Tulungagung? Penelitian ini menggunakan konsep bauran pemasaran dari Phillip Kotler dengan metode kualitatif pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pendekatan Milles dan Huberman melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bauran pemasaran yang diterapkan UMKM Ikan Asap Sumber Berkah dalam meningkatkan penjualan yaitu: 1) bauran pemasaran produk meliputi, varietas produk, kualitas, ukuran, keunggulan, merk, pengemasan, dan jaminan. Terdapat ciri khas ikan asap Sumber Berkah, yaitu ikan asapnya berwarna kuning. 2) bauran pemasaran harga meliputi, kombinasi penetapan harga melalui strategi penetapan harga berdasarkan biaya dan penetapan harga berdasarkan nilai. 3) bauran tempat meliputi, penentuan tempat usaha berdasarkan akses sumber bahan mentah, pasar, dan transportasi sehingga saluran distribusi kepada pelanggan secara langsung dan optimal. 4) bauran promosi, yaitu menerapkan unsur penjualan perseorangan, promosi menggunakan media sosial seperti Whatsapp, dan banner. Kesimpulan penelitian berdasarkan analisis data adalah UMKM Ikan Asap Sumber Berkah telah menerapkan bauran pemasaran secara terintegrasi sehingga penjualan ikan asap meningkat secara periodik. Saran penelitian UMKM Ikan Asap Sumber Berkah mempertahankan penerapan bauran pemasaran dan menambah inovasi yang berkaitan dengan produk dan promosi. Kata Kunci: Bauran Pemasaran, UMKM, Peningkatan penjualan

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Pemasaran
Ekonomi > UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 12405173117 SUNIKA RIZKY SAPUTRI
Date Deposited: 24 Jan 2022 05:24
Last Modified: 24 Jan 2022 05:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24306

Actions (login required)

View Item View Item