STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM UPAYA PENCEGAHAN PERILAKU MENYIMPANG PESERTA DIDIK DI MA HASYIM ASYARI KARANGREJO TULUNGAGUNG

MUHAMAD RIZKI NURROKHIM, 12201173281 (2021) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM UPAYA PENCEGAHAN PERILAKU MENYIMPANG PESERTA DIDIK DI MA HASYIM ASYARI KARANGREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (816kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (234kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Upaya Pencegahan Perilaku Menyimpang Peserta Didik di MA Hasyim Asyari Karangrejo Tulungagung”, ditulis oleh Muhamad Rizki Nurrokhim, NIM. 12201173281, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, pembimbing Ahmad Fikri Amrullah, M.Pd. Penelitian ini di latar belakangi oleh keadaan di MA Hasyim Asyari merupakan lembaga pendidikan Islam yang berdiri dengan kondisi sosial berbeda-beda. Di era sekarang ini banyak tingkah laku remaja sekolah yang meresahkan masyarakat, seperti tawuran, membolos, dsb. Kedudukan guru akidah akhlak sebagai tenaga profesional berfungsi untuk meningkatkan martabat sekaligus sebagai agen pembelajaran, yaitu berfungsi melaksanakan tujuan pendidikan nasional yakni mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis sera bertanggung jawab. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti mengambil rumusan masalah yaitu : 1) Bagaimana metode yang diterapkan guru akidah akhlak dalam upaya pencegahan perilaku menyimpang peserta didik di MA Hasyim Asyari Karangrejo Tulungagung?, 2) Bagaimana dampak strategi yang diterapkan terhadap perilaku peserta didik di Ma Hasyim Asyari Karangrejo Tulungagung?, 3) Bagaimana evaluasi strategi yang diterapkan guru akidah akhlak di MA Hasyim Asyari Karangrejo Tulungagung?. Pendekatan penelitian yang dipakai oleh peneliti adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini yaitu jenis penelitain deskriptif. Sumber data utama (primer) adalah guru akidah akhlak, kepala sekolah, dan peserta didik di MA Hasyim Asyari Karangrejo, dan sumber data sekunder adalah dokumen sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah : 1) Metode yang dilakukan guru Akidah Akhlak di MA Hasyim Asyari Karangrejo Tulungagung yaitu dengan menggunakan beberapa metode yang dapat menunjang keberhasilan pembelajaran akidah akhlak sehingga peserta didik mampu untuk memahami serta melakukan hal-hal positif baik di sekolah maupun di luar sekolah. Metode yang digunakan guru akidah akhlak seperti menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif, memberikan arahan serta motivasi kepada peserta didik, membiasakan bertingkah laku baik, memberikan hukuman/sanksi kecil kepada peserta didik yang melanggar aturan. 2) Dampak strategi yang diterapkan guru akidah akhlak terhadap perilaku peserta didik yaitu, menarik minat peserta didik untuk belajar akidah akhlak sehingga peserta didik akan semangat dalam kegiatan belajar mengajar, membentuk sikap akhlakul kharimah pada peserta didik sehingga peserta didik akan terbiasa melakukan hal-hal positif dan akan terhindar dari perbuatan yang menyimpang, peserta didik mampu memahami materi yang diajarkan dengan begitu peserta didik akan mampu memahami materi yang diberikan dan mampu menerapkan hal-hal positif yang telah dipelajari dalam pembelajaran akidah akhlak. 3) Evaluasi strategi yang diterapkan guru akidah akhlak dalam upaya pencegahan perilaku menyimpang peserta didik yaitu berdsarkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Selain menilai berdasarkan nilai akademik peserta didik, evaluasi yang dilakukan guru akidah akhlak juga dengan memperhatikan perilaku peserta didik ketika pembelajaran dan juga ketika berinteraksi dengan warga sekolah. Evaluasi juga bisa dilakukan dengan melibatkan orang tua peserta didik sehingga guru bisa mengetahui perilaku peserta didik ketika di luar sekolah atau di dalam kehidupan masyarakat. Dengan begitu guru bisa mengevaluasi strategi yang digunakan apakah sudah sesuai dengan situasi serta kondisi peserta didik atau belum. Kata kunci : Akidah Akhlak, Perilaku Menyimpang

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173281 MUHAMAD RIZKI NURROKHIM
Date Deposited: 24 Jan 2022 01:04
Last Modified: 24 Jan 2022 01:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24308

Actions (login required)

View Item View Item