PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FOTO PERISTIWA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII MTsN 5 TULUNGAGUNG

EVA ROSIDINA DEWI, 12210173051 (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FOTO PERISTIWA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII MTsN 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (961kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (118kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (26kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (12kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul Pengaruh Penggunaan Media Foto Peristiwa terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII MTsN 5 Tulungagung ini ditulis oleh Eva Rosidina Dewi, NIM. 12210173051, pembimbing Dr. Erna Iftanti, S.S., M.Pd. Kata kunci: media foto peristiwa, menulis teks berita Hal-hal yang menjadi latar belakang dalam penelitian ini yaitu siswa kesulitan menemukan pokok-pokok informasi yang diperlukan untuk menyusun teks berita, guru belum menerapkan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa, kemampuan siswa dalam kegiatan menulis khususnya menulis teks berita masih kurang maksimal sehingga diperlukan media pembelajaran yang tepat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media foto peristiwa terhadap kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII MTsN 5 Tulungagung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain control group pretest posttest. Desain ini dipilih karena peneliti tidak memiliki kesempatan untuk melakukan pengacakan terhadap populasi. Dalam penelitian ini, populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 5 Tulungagung dengan sampel penelitian siswa kelas VIII G dan kelas VIII F. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas, kemudian dilanjutkan uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test untuk mengetahui besarnya pengaruh variabel X (media foto peristiwa) terhadap variabel Y (kemampuan menulis teks berita). Hasil dari penelitian ini adalah pertama, kemampuan menulis teks berita pada posttest kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 70,76 termasuk dalam kategori rendah. Kedua, kemampuan menulis teks berita pada posttest kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 79,85 termasuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil pengolahan data uji hipotesis independent sample t-test diketahui bahwa nilai A symp. Sig adalah 0,000. Jadi, nilai A symp. Sig 0,000 < 0,05. Sesuai dengan dasar pengambilan keputusan uji independent sample t-test, data posttest kelas kontrol dan data posttest kelas eksperimen Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media foto peristiwa berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks berita siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Bahasa Dan Sastra > Literasi
Pendidikan > Media Pembelajaran
Bahasa Dan Sastra > Naskah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Rosidina Eva
Date Deposited: 24 Jan 2022 04:51
Last Modified: 26 Jan 2022 05:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24311

Actions (login required)

View Item View Item