NABILA AULIA NISA, 12201173459 (2022) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK KELAS VIII DI-SMPN 1 SANANKULON BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (856kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (370kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (420kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (287kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (239kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (338kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (103kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (167kB) |
Abstract
ABSTRAK Nabila Aulia Nisa’, NIM 12201173459. Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik Kelas VIII Di SMPN 1 Sanankulon. Skripsi. Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing : Kata Kunci : Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Kecerdasan Spiritual Kecerdasan spiritual merupakan kecerdasan yang membantu menjadi manusia seutuhnya. Kecerdasan Spiritual dapat berkembang dengan adanya peran Guru PAI dalam membimbing, memberi tauladan, dan motivator. Dengan menerapkan budaya lingkungan yang religi membantu perkembangan kecerdasan spiritual. Dengan kecerdasan spiritual peserta didik menjadi lebih aktif dalam pembelajaran dan dapat meraih kebahagiaan di dalam kehidupannya. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan peranan guru pendidikan Agama Islam sebagai pembimbing peserta didik untuk mengembangkan kecerdasan spiritual peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Sanankulon, 2) Mendeskripsikan peranan guru pendidikan Agama Islam sebagai tauladan peserta didik untuk mengembangkan kecerdasan spiritual peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Sanankulon, dan 3) Mendeskripsikan peranan guru pendidikan agama Islam dalam motivator peserta didik untuk mengembangkan kecerdasan spiritual peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Sanankulon Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Sumber Datanya guru PAI. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan kehadiran, triangulasi, dan diskusi teman sejawat. Hasil penelitian ini,pertama peran Guru Pendidikan Agama Islam sebagai pembimbing dalam mengembangkan kecerdasan peserta didik adalah Melakukan Koordinasi Antara Guru dengan Peserta Didik dan memahami kondisi peserta didik. Kedua, Sebagai teladan peran guru PAI hidup dengan pola yang sopan dan ramah, hidup sederhana dan kedisiplinan dalam beribadah dan ketiga peran Guru Pendidikan Agama Islam sebagai motivator dalam mengembangkan kecerdasan peserta didik adalah melalui motivasi yang diberikan beripa reward,punismnet, pujian, dan memberikan nasihat.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Guru Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201173459 NABILA AULIA NISA’ |
Date Deposited: | 26 Jan 2022 06:39 |
Last Modified: | 26 Jan 2022 06:39 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24320 |
Actions (login required)
View Item |