CALVIN KRESNA AFANDY, 12205173150 (2022) STRATEGI GURU DALAM MELAKSANAKAN KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR PADA SAAT PANDEMI COVID 19 di SDI MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (7MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (91kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (391kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (399kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (91kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Guru dalam Melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar Pada Saat Pandemi Virus Covid 19 di SDI Miftahul Huda Plosokandang.” ini ditulis oleh Calvin Kresna Afandy, NIM 12205173150 dibimbing oleh Bapak Saiful Bahri,M.Pd.I Kata Kunci : strategi guru, kegiatan belajar mengajar, pandemi Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya adanya wabah Covid-19 yang menimbulkan pandemi sehingga mengharuskan pendidikan di Indonesia melaksanakan pembelajaran di rumah atau pembelajaran daring. Hal ini tentu saja akan menjadi kendala bagi peserta didik saat menimba ilmu. Oleh karena itu, guru di SDI Miftahul Huda Plosokandang membuat metode baru demi terlaksananya proses pembelajaran. Dalam hal ini peneliti membahas terkait upaya guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di SDI Miftahul Huda Plosokandang. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah (1)Apa strategi guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar peserta didik pada saat pandemi virus Covid-19 di SDI Miftahul Huda ? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar peserta didik selama pandemi virus Covid-19di SDI Miftahul Huda? (3)Bagaimana solusi dari faktor penghambat dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar peserta didik selama pandemi virus Covid-19di SDI Miftahul Huda ? Secara umum, penelitian skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar , mengetahui faktor penghambat pembelajaran, serta mengetahui bagaimana solusi guru dalam mengatasi kendala yang dialami. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk analisisnya peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data dengan menggunakan keajegan pengamatan, triangulasi, pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian (1)Strategi guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di SDI Miftahul Huda Plosokandang dengan menggabungkan sistem pembelajaran daring dan luring. Sistem pembelajaran secara daring dilakukan menggunakan aplikasi google meetserta sistem pembelajaran secara luring dilakukan dengan tatap muka dengan kuota 50 persen dari total jumlah siswa yang ada (2)Hambatan dalam proses kegiatan belajar mengajar di SDI di Miftahul Huda ada dua macam. Secara umum, faktor penghambat adalah dari jaringan dan paket data yang tersedia. Sedangkan secara khusus, penghambat pembelajaran adalah kesulitan siswa dalam memahami materi dari guru. Faktor pendukung pembelajaran secara daring di SDI Miftahul Huda Plosokandang adalah dari faktor tenaga kependidikan dari pihak lembaga yang tergolong muda-muda sehingga mampu memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada. (3) Solusi yang telah diupayakan oleh guru adalah dengan melakukan kegiatan home visit.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205173150 CALVIN KRESNA AFANDY |
Date Deposited: | 31 Jan 2022 03:00 |
Last Modified: | 31 Jan 2022 03:00 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24323 |
Actions (login required)
View Item |