PENGARUH WAWASAN KEAGAMAAN DAN WAWASAN KEBANGSAAN TERHADAP PERILAKU RELIGIUS DAN PERILAKU SOSIAL SISWA DI SMPN 2 TULUNGAGUNG DAN SMPN 1 KEDUNGWARU

ATIK RIYANI, 12506194012 (2021) PENGARUH WAWASAN KEAGAMAAN DAN WAWASAN KEBANGSAAN TERHADAP PERILAKU RELIGIUS DAN PERILAKU SOSIAL SISWA DI SMPN 2 TULUNGAGUNG DAN SMPN 1 KEDUNGWARU. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (450kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (242kB)

Abstract

Tesis dengan berjudul “Pengaruh Wawasan Keagamaan dan Wawasan Kebangsaan Terhadap Perilaku Religius Dan Perilaku Sosial Siswa di SMPN 2 Tulungagung dan SMPN 1 Kedungwaru” ini ditulis oleh Atik Riyani, NIM. 12506194012, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I. dan Dr. Nur Kholis, M.Pd. Kata Kunci: Wawasan Keagamaan, Wawasan Kebangsaan, Perilaku Religius, Perilaku Sosial. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa buruknya perilaku sosial dan perilaku religius akan berdampak pada lingkungannya. Hal tersebut bisa dicegah jika seseorang memiliki wawasan kebangsaan dan wawasan keagamaan yang luas dan baik. Hal demikian dapat didapatkan siswa tidak hanya dalam pembelajaran kewarganaan dan kegamaan namun dapat didapatkan dalam setiap pembelajaran yang ada dalam lingkungan sekolah melalui metode pembelajaran yang berbasis wawasan kebangsaan dan keagamann. Seseorang yang memiliki wawasan kebangsaan dan keagamaan yang luas dan baik tidak akan melakukan perilaku yang menyimpang dimasyarakat umum maupun luas. Justru mereka cenderung memandang bahwa perbedaan merupakan keberagaman dan tidak meyelesaikan masalah atau perbedaan dengan konflik dan emosi. Hal inilah yang mendorong peneliti untuk meneliti masalah tersebut. Rumusan masalah dalam penulisan tesis ini adalah (1) bagaimana analisis deskripsi wawasan keagamaan? (2) bagaimana analisis deskripsi wawasan kebangsaan? (3) bagaimana analisis deskripsi perilaku religius? (4) bagaimana analisis deskripsi perilaku sosial? (5) adakah pengaruh wawasan keagamaan terhadap perilaku religius siswa? (6) Adakah pengaruh wawasan kebangsaan terhadap perilaku religius siswa? (7) Adakah pengaruh wawasan keagamaan terhadap perilaku sosial siswa? (8) Adakah pengaruh wawasan kebangsaan terhadap perilaku sosial siswa? (9) Adakah pengaruh wawasan keagamaan dan kebangsaan terhadap perilaku religius dan sosial siswa? (10) Adakah pengaruh wawasan keagamaan terhadap perilaku religius dan sosial siswa? (11) Adakah pengaruh wawasan kebangsaan terhadap perilaku religius dan sosial siswa? (12) Adakah pengaruh wawasan keagamaan dan kebangsaan terhadap perilaku religius siswa? (13) Adakah pengaruh wawasan keagamaan dan kebangsaan terhadap perilaku sosial siswa?. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan populasi kesuluruh siswa di SMPN 2 Tulungagung dan SMPN 1 Kedungwaru, yang terdiri dari 1715 siswa. Dengan tehnik proportionate stratified random sampling diperoleh sampel 235 siswa. Variabel endogen wawasan keagamaan dan wawasan kebangsaan. Variabel eksogen: perilaku religius dan perilaku sosial siswa di SMPN 2 Tulungagung dan SMPN 1 Kedungwaru. Sumber data responden dan dokumen. Teknik pengumpulan data: angket dengan bantuan google form dan dokumentasi, teknik analisis data: uji deskripsi, uji validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas, path analysis yang diuji dengan menggunakan SPPS 26.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) analisis deskripsi wawasan keagamaan tergolong baik. (2) analisis deskripsi wawasan kebangsaan tergolong baik. (3) analisis deskripsi perilaku religius tergolong baik.. (4) analisis deskripsi perilaku sosial tergolong baik.. (5) wawasan keagamaan berpengaruh secara langsung terhadap perilaku religius sebesar sebesar 0,674. (6) wawasan kebangsaan berpengaruh secara langsung terhadap perilaku religius sebesar 0,319. (7) wawasan keagamaan berpengaruh secara langsung terhadap perilaku sosial sebesar 0,210. (8) wawasan kebangsaan berpengaruh secara langsung terhadap perilaku sosial sebesar 0,392. (9) wawasan keagamaan dan kebangsaan berpengaruh secara langsung terhadap perilaku religius dan sosial sebesar 0,885. (10) wawasan keagamaan berpengaruh secara langsung terhadap perilaku religius dan sosial sebesar 0,649. (11) wawasan kebangsaan berpengaruh secara langsung terhadap perilaku religius dan sosial sebesar 0,430. (12) wawasan keagamaan dan kebangsaan berpengaruh secara langsung terhadap perilaku religius sebesar 0,823. (13) wawasan keagamaan dan kebangsaan berpengaruh secara langsung terhadap perilaku religius sebesar 0,479. Dari hasil uji path analysis substruktur 1 dan substruktur 2 didapatkan persamaan jalur sebagai berikut: Y1=0,674X1+0,210X2+0,649X1X2+e. Y2=0,319X1+0,392X2+X1X2+e. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa seluruh hipotesis berpengaruh secara langsung di SMPN 2 Tulungagung dan SMPN 1 Kedungwaru.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > SQ
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12506194012 ATIK RIYANI
Date Deposited: 24 Jan 2022 07:52
Last Modified: 24 Jan 2022 07:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24337

Actions (login required)

View Item View Item