STRATEGI PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN SEMANGAT LITERASI PESERTA DIDIK : STUDI KASUS DI MTs SUNAN KALIJOGO KRANDING MOJO KEDIRI

NURHIDAYATI, 12506194051 (2021) STRATEGI PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN SEMANGAT LITERASI PESERTA DIDIK : STUDI KASUS DI MTs SUNAN KALIJOGO KRANDING MOJO KEDIRI. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (504kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (416kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (482kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (624kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (414kB) | Preview

Abstract

Tesis yang berjudul “Strategi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Meningkatkan Semangat Literasi Peserta Didik : Studi Kasus Di Mts Sunan Kalijogo Kranding Mojo Kediri” ini ditulis oleh Nurhidayati, dengan pembimbing I Dr. Ngainun Naim, M.H.I., dan pembimbing II Prof Mujamil, M.Ag Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, SKI, Literasi Pemilihan strategi yang tepat dalam pembelajaran SKI bertujuan untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dan menumbuhkan minat peserta didik. Terlebih dalam pembelajaran SKI, peserta didik harus banyak membaca, membuat rangkuman, agar dapat memahami materi dengan baik. Rangkaian kegiatan tersebut merupakan suatu proses dalam menemukan pengetahuan. Semakin banyak membaca semakin banyak pengetahuan yang didapatkan. Namun, kini minat peserta didik dalam membaca, merangkum dan melakukan akitivitas literasi lainnya mulai luntur. Ditengah krisis tersebut ada sebuah madrasah yang memiliki strategi dalam pembelajaran SKI sehingga dapat meningkatkan semangat literasi peserta didik. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana persiapan strategi pembelajaran SKI dalam meningkatkan semangat literasi peserta didik? (2) Bagaimana penerapan strategi pembelajaran SKI dalam meningkatkan semangat literasi peserta didik? (3) Bagaimana hasil belajar peserta didik dengan menggunakan strategi pembelajaran SKI dalam meningkatkan semangat literasi peserta didik di MTs Sunan Kalijogo Kranding Mojo Kediri?. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menjelaskan persiapan, penerapan dan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan strategi pembelajaran SKI dalam meningkatkan semangat literasi peserta didik di MTs Sunan Kalijogo Kranding Mojo Kediri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumen. Pada saat pengumpulan data, data yang telah diperoleh diuji dengan menggunakan metode triangulasi. Metode triangulasi yang digunakan oleh peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Tahap persiapan dapat dilakukan dengan beberapa hal, yaitu dengan menganalisis KI dan KD, menyusun Silabus, menyususn RPP, dan menggunakan media pembelajaran, (2) Tahap penerapan dapat dilakukan dengan beberapa hal, yaitu dengan kegiatan membaca dan menulis, menggunakan media dengan bijak menggunakan metode STAD (Kelompok), melengkapi sarana dan prasarana perpustakaan, dan pemberian motivasi dan reward kepada peserta didik, (3) Hasil belajar peserta didik dapat dilakukan dengan melihat pencapaian dari Ranah Kognitif, pencapaian dari Ranah Afektif, dan pencapaian dari Ranah Psikomotorik.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Literasi
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan Islam
Sejarah Kebudayaan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12506194051 NURHIDAYATI
Date Deposited: 24 Jan 2022 07:55
Last Modified: 24 Jan 2022 07:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24340

Actions (login required)

View Item View Item