CATUR INDAH PALUPI ZAHROTUL IHWAN, 12209173094 (2021) IMPLEMENTASI KURIKULUM BERBASIS MANAJEMEN PESANTREN DI MTS NURUL IMAN GARUM. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (673kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (274kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (316kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (572kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (533kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (126kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terkait penerapan kurikulum berbasis manajemen yang mana sekolah tersebut berstandar nasional yang belum menggunakan standar RSBI, dimana sekolah tersebut lebih memfokuskan dari sisi kepotrenannya daripada sekolah formalnya, yangmana berkarakter seperti nuansa pesantren tentunya memiliki implementasi kurikulum yang baik dan berbeda dengan tingkat sekolah lainnya. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui perencanaan kurikulum berbasis manajemen (2) untuk mengetahui pelaksanaan kurikulum berbasis manajemen (3) untuk mengevaluasi kurikulum berbasis manajemen. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yakni wawancara sedangkan sumber sekundernya merupakan dokumen, pengumpulan data, observasi, wawancaradan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan kurikulum yang dilakukan oleh lembaga MTs Nurul Iman Garum dilaksanakan dengan proses menuju kearah yang lebih baik dari segi pembelajaran maupun kelembagaan, perencanaan dispesifikasikan menjadi dua yaitu secara internal dan eksternal. (2) pelaksanaan kurikulum yang dilakukan oleh lembaga MTs Nurul iman garum diantaranya;(a) pengecekan kesiapan guru (b) proses pembelajaran berlangsung (c) penanaman nilai keislaman dalam proses pembelajaran (d) melaksanakan program ubudiyah program tahfidz atau tambahan bimbel. (3) Evaluasi yang dilakulan oleh lembaga Mts nurul iman terdapat dua evaluasi yang dilakukan oleh lembaga MTs nurul iman garum untuk mengukur kemampuan siswa yaitu sumatif bertujuan untuk memeriksa kurikulum dengan menggunakan teknik secara nomerik dan menghasilkan kesimlulan verupa data sedangkan formatif yaitu proses ketika pengembangan kurikulum memperoleh data dan merevisi kurikulum lebih efektif.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kurikulum Pendidikan Islam > Pondok pesantren Ilmu Pengetahuan Sosial > WHO |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | Sarjana 1 12209173094 Catur Indah Palupi Zahrotul Ihwan |
Date Deposited: | 25 Jan 2022 01:48 |
Last Modified: | 25 Jan 2022 01:48 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24361 |
Actions (login required)
View Item |