MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MAN 1 JOMBANG

CHANDRA EKA PUTRA PRATAMA, 12207173066 (2021) MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MAN 1 JOMBANG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (636kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (188kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (633kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Manajemen Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di MAN 1 Jombang” disusun oleh Chandra Eka Putra Pratama, 12207173066, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Bapak Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I. Kata kunci: Kepala Madrasah, Prestasi Belajar, Siswa Penelitian ini membahas tentang manajemen kepala madrasah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MAN 1 Jombang. Pendidikan dapat diartikan lebih dari sekedar mengajar. Dapat dikatakan bahwa pendidikan merupakan proses menyebarkan ilmu, memperluas pengetahuan dasar, mengubah harga diri, dan membentuk kepribadian. Madrasah dapat berjalan dengan baik tidak terlepas dari kepala madrasah sebagai pemimpin dalam menerapkan manajemen yang terstruktur serta melaksanakan kinerja yang maksimal. Kepala madrasah dituntut harus menguasai prinsip dari manajerial agar dapat menerapkan keilmuannya dalam pelaksanaan proses pengelolaan madrasah yang dipimpin. Hal ini tentunya dapat berakibat pada bagaimana produk yang dihasilkan oleh madrasah tersebut. Produk madrasah pada umumnya yang menjadi sorotan dan fokus adalah prestasi yang diperoleh siswa siswi (akademik dan non akademik). Fokus pada penelitian ini meliputi (1) Bagaimana proses perencanaan kepala madrasah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MAN 1 Jombang, (2) Bagaimana implementasi pendidikan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di MAN 1 Jombang, (3) Bagaimana evaluasi kepala madrasah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MAN 1 Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar manajemen kepala madrasah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MAN 1 Jombang. Sumber data diambil dari kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kurikulum, dan wakil kepala madrasah bidang kesiswaan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data meliputi uji kredibilitas dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini meliputi: (1) Perencanaan kepala madrasah terdiri dari (a) melakukan analisis terlebih dahulu untuk mengetahui kesiapan madrasah dalam melaksanakan program, (b) kepala madrasah dan wakil kepala madrasah beserta tim percepatan prestasi yang terdiri dari para guru serta komite madrasah melakukan koordinasi langkah awal yaitu Evaluasi Diri Madrasah (EDM) yang dilakukan setiap setahun sekali dengan menyesuaikan program kerja serta dilanjutkan dengan penyesuaian rencana kerja dan RKAM (Rencana Kerja Anggaran Madrasah) yang mengacu pada buku pedoman manajerial madrasah., (c) dalam perencanaan melibatkan seluruh elemen madrasah. (2) Implementasi pendidikan terdiri dari (a) implementasi pendidikan diawali dengan penyaluran bakat minat siswa dan sosialisasi yang dilakukan sejak siswa tersebut masuk madrasah melalui kegiatan masa orientasi (MOS), (b) program dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan serta sebagai wadah mengembangkan bakat minat siswa, (c) melakukan pengelompokan sesuai dengan bakat minat siswa untuk mempermudah pembinaan. (3) Evaluasi kepala madrasah meliputi (a) setiap guru pembina memberikan hasil evaluasi berupa laporan tertulis, (b) memberikan reward sebagai bentuk apresiasi terhadap siswa, (c) menindak lanjuti hasil dari evaluasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Kepala Sekolah
Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207173066 Chandra Eka Putra Pratama
Date Deposited: 25 Jan 2022 01:36
Last Modified: 25 Jan 2022 01:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24363

Actions (login required)

View Item View Item