EKSISTENSI SUPERMARKET BRAVO DALAM PERGESERAN EKONOMI DI TULUNGAGUNG

NISA KUSNITA, 12402173432 (2021) EKSISTENSI SUPERMARKET BRAVO DALAM PERGESERAN EKONOMI DI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Eksistensi Supermarket Bravo Dalam Pergeseran Ekonomi Di Tulungagung,” ditulis oleh Nisa Kusnita, NIM. 12402173432, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, dibimbing oleh: Dr. Hj. Chusnul Chotimah, M.Ag Angka pengangguran dan persaingan bisnis menjadi sebuah problematika dalam kehadiran toko modern seperti supermarket ataupun lainnya dalam menggeser keberadaan toko pasar tradisional. Hal ini menjadikan sebuah dilematika dalam upaya peningkatan ekonomi masyarakat dan dalam menekan angka pengangguran. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana Supermarket Bravo dalam mengurangi pengangguran?, 2) Bagaimana Supermarket Bravo bagi pelaku usaha toko kelontong?, 3) Bagaimana Supermarket Bravo bagi pelaku usaha kecil pedagang kaki lima?, 4) Bagaimana Sumpermarket Bravo dalam pergeseran ekonomi masyarakat sekitar?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu dilaksanakan untuk mengetahui sebuah gejala secara naturalistik, kemudian menarik kesimpulan secara empiris sesuai kondisi sebenarnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu: 1)Supermarket Bravo dalam mengurangi pengangguran yaitu terdapat beberapa poin utama, mulai dari: a) Bravo Supermarket membuka lapangan kerja ataupun usaha untuk masyarakat Tulungagung. b) Bravo Supermarket menyediakan tempat khusus bagi produk UMKM. c) Bravo Supermarket menyediakan stand khusus bagi penjual makanan. 2)Supermarket Bravo bagi pelaku usaha toko kelontong yaitu a) Dampak positif yaitu keberadaan Bravo dimanfaatkan menjadi toko grosir oleh para pedagang kecil atau toko kelontong. b)Negatif yaitu dengan adanya Bravo jumlah pembelian memang cenderung menurun, meski dari segi kebiasaan masyarakat apabila melakukan pembelian besar di pasar tradisional. 3)Supermarket Bravo bagi pelaku usaha kecil pedagang kaki lima yaitu tidak jauh berbeda terhadap dampak yang ditimbulkan pada pasar tradisional atau toko kelontong. a)Positif yaitu sebagian pedagang kecil dapat memanfaatkan untuk berjualan di sekitar Bravo Supermarket Tulungagung. b)Negatif yaitu ketika Bravo Supermarket sepi pengunjung seperti di masa pandemi Covid-19 yang terjadi, maka juga terjadi penurunan pengunjuang Bravo yang mampir di PKL. Karena pelanggan PKL juga sebagian merupakan pelanggan di Bravo Supermarket. 4)Sumpermarket Bravo dalam pergeseran ekonomi masyarakat sekitar, secara umum mendorong peralihan dari budaya jual beli tradisionel menuju modern. a)Positif yang diberikan antara lain mempermudah akses masyarakat mendapatkan barang konsumsi yang dibutuhkan karena minimarket memiliki kelengkapan barang-barang kebutuhan sehari-hari. b) Dampak negatif keberadaan Bravo supermarket menggeser pasar tradisional. Sebagian pelanggan di pasar tradisional melakukan pembelian di pasar atau toko modern. Kata Kunci: Eksistensi Bravo Supermarket, Pergeseran Ekonomi

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Jual Beli
Ekonomi > Konsumen
Ekonomi > Pemasaran
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: S1 12402173432 NISA KUSNITA
Date Deposited: 28 Jan 2022 05:44
Last Modified: 28 Jan 2022 05:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24374

Actions (login required)

View Item View Item