NABILLA ARIFATUL FIRDAUSI, 12205173163 (2021) KREATIFITAS GURU UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTIONS PADA MATA PELAJARAN SAINS SDIT AL-AZHAR TAHUN AJARAN 2020-2021. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (899kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (289kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (284kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (476kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (357kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (888kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (274kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (226kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Kreatifitas Guru untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Learning Starts with a Questions pada Mata Pelajaran Sains SDIT Al-Azhar Tahun Ajaran 2020-2021” ditulis oleh Nabilla Arifatul Firdausi, NIM. 12205173163, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, yang dibimbing oleh Musrikah, M.Pd. Kata kunci: kreatifitas, model pembelajaran Learning Starts with a Questions, motivasi belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa kreatifitas guru dapat meningkatkan motivasi belajar siswa melalui perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Salah satu bentuk kreatifitas guru yang dilakukan yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Learning Starts With a Questions. Model pembelajaran Learning Starts With a Question (LSQ) merupakan suatu model pembelajaran aktif yang mencari tahu dan mempelajari materi baru dengan mandiri. Model pembelajaran Learning Starts With a Questions merupakan model pembelajaran yang membantu siswa supaya lebih efektif dan aktif dalam proses mempelajari materi baru dengan pola siswa bertanya terlebih dahulu sebelum guru memberikan penjelasan, dikarenakan model LSQ merangsang siswa untuk bertanya adalah sebagai kunci dalam belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kreatifitas guru dalam perencanaan model pembelajaran Learning Starts With a Questions dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SDIT Al-Azhar? (2) Bagaimana kreatifitas guru dalam pelaksanaan model pembelajaran Learning Starts With a Questions dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SDIT Al-Azhar? (3) Bagaimana kreatifitas guru dalam evaluasi model pembelajaran Learning Starts With a Questions dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SDIT Al-Azhar? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menjelaskan kreatifitas guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Sains melalui model pembelajaran Learning Starts With a Questions. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan temuan dengan triangulasi, perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, diskusi dengan teman sejawat. Hasil penelitian yang dilakukan di SDIT Al-Azhar Kota Kediri adalah (1) Perencanaan model pembelajaran Learning Starts With a Questions dalam mata pelajaran Sains yang telah dibuat oleh guru dengan perencanaan yang matang, dari mulai RPP, media pembelajaran, dan evaluasi untuk dapat mengetahui hasil pembelajaran mata pelajaran Sains dengan menggunakan model pembelajaran Learning Starts With a Questions. (2) Dengan pelaksanaan model pembelajaran Learning Starts With a Questions dapat meningkatkan motivasi serta keaktifan belajar di kelas, sehingga siswa aktif dan bersemangat dalam proses pembelajaran. (3) Setelah siswa melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Learning Starts With a Questions dalam mata pelajaran Sains, dapat dilihat bahwa hasil pembelajaran siswa mendapatkan hasil yang bagus dan diatas KKM, karena dengan menggunakan model pembelajaran ini dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajarinya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Motivasi Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205173163 NABILLA ARIFATUL FIRDAUSI |
Date Deposited: | 25 Jan 2022 02:41 |
Last Modified: | 25 Jan 2022 02:41 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24378 |
Actions (login required)
View Item |