NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM AL-QUR’AN DAN HADIST PERSPEKTIF IBN MISKAWAIH

ABI NUR ILMAN, 17201163398 (2020) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM AL-QUR’AN DAN HADIST PERSPEKTIF IBN MISKAWAIH. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (633kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (329kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (310kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (267kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (263kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (329kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (549kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (179kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (333kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Nilai-nilai Pendidikan Karakter Dalam Al Qur’an dan Hadist Perspektif Ibn Miskawaih” ini ditulis oleh Abi Nur Ilman, NIM 17201163398, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri ( IAIN ) Tulungagung yang dibimbing oleh Bapak Dr. Mohamad Jazeri, M.Pd. Kata Kunci: Nilai, Pendidikan, Karakter Penelitian ini dilatar belakangi oleh karakter seorang peserta didik yang haruslah dibentuk sedari dini dengan baik agar bisa memahami materi ketika belajar dengan baik. Jika dikaitkan dengan kehidupan masyarakat Indonesia saat ini memanglah selaras masih banyak yang harus diperbaiki. Bukan hanya pada tataran sekolah, secara umum memang pendidikan karakter perlu ditanamkan sedari awal terhadap setiap pribadi.Penananaman pendidikan karakter secara efektif dan transformatif akan menghasilkan pribadi manusia yang memiliki kepribadian yang baik. Fokus penelitian pada penelitian ini yaitu: (1). Bagaimana pengertian pendidikan karakter dalam Al-Qur‟an dan Hadist perspektif Ibn Miskawaih?, (2). Bagaimana tujuan pendidikan karakter dalam Al-Qur‟an dan Hadist perspektif Ibn Miskawaih?, (3). Bagaimana nilai-nilai pendidikan karakter dalam Al-Qur‟an dan Hadist erspektif Ibn Miskawaih? Tujuan penelitian diadakan penelitian ini yaitu: (1). Untuk mendeskripsikan pengertian pendidikan karakter dalam Al-Qur‟an dan Hadist perspektif Ibn Miskawaih. (2). Untuk mendeskripsikan tujuan pendidikan karakter dalam Al-Qur‟an dan Hadist perspektif Ibn Miskawaih. (3). Untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam Al-Qur‟an dan Hadist perspektif Ibn Miskawaih. Rancangan penelitian pada penelitian ini yaitu: penelitian ini menggunakan penelitian literer. Penelitian literer adalah penelitian yang menggunakan riset kepustakaan yang mana penelitian ini bisa dilakukan dengan informasi kepustakaan. Penelitian dilakukan dalam latar (setting) yang alamiah bukan hasil dari perlakuan atau manipulasi variabel yang dilibatkan. Penelitian ini bersifat deskriptif analisis, yang menggambarkan sesuatu secara tepat yang di dalamnya terdapat hubungan terterntu antara satu gejala dengan gejala lain di masyarakat. Sedangkan analisis dari penelitian ini untuk mendapatkan pengertian dan penjelasan terkait hal yang diteliti agar mendapatkan kejelasan halnya. Hasil penelitian pada penelitian ini yaitu: (1) Pendidikan karakter adalah sebuah system yang menanamkan nilai-nilai karakter pada peserta didik yang mengandung komponen pengetahuan, kesadaran individu, tekad serta adanya kemauan dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai, baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama manusia, lingkungan, maupun bangsa, sehingga akan terwujud insan kamil. (2) Pendidikan karakter bertujuan untuk memiliki fokus pada pengembangan potensi peserta didik secara keseluruhan sehingga menjadi individu yang sudah siap dalam mengahadapi masa yang akan datangdengan survive. (3) Pendidikan karakter menurut Ibn Miskawaih bahwa pendidikan karakter menjadi landasan utama dalam berperilaku manusia dengan nilai-nilai kemanusiaan. Nilai-nilai kemanusiaan yang hanief (suci) sebagaimana sifat bijaksana, berani, adil dan sebagainya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Al Hadist
Agama > Al Quran
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163398 ABI NUR ILMAN
Date Deposited: 25 Jan 2022 07:09
Last Modified: 25 Jan 2022 07:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24400

Actions (login required)

View Item View Item