Pengaruh Pembelajaran Daring (e-learning) Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VI di MI Miftahul Huda Jati Karangan Trenggalek

REYNANDA ANGGELA CLAUDYA, 12205173236 (2021) Pengaruh Pembelajaran Daring (e-learning) Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VI di MI Miftahul Huda Jati Karangan Trenggalek. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (108kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini dengan judul “Pengaruh Pembelajaran Daring (e-learning) Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VI di MI Miftahul Huda Jati Karangan Trenggalek” ini ditulis oleh Reynanda Anggela Claudya NIM. 12205173236 Pembimbing Dr. Muniri, M.Pd. Keyword: Pembelajaran daring, E-learning, dan Hasil Belajar Matematika. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi pandemi Covid-19 yang telah mengubah kegiatan belajar mengajar dari tatap muka menjadi daring (learning from home). Seorang guru harus memilih metode pembelajaran yang tepat dan mengerti karakter kebutuhan siswa. Pemilihan metode pembelajaran yang tepat sangat berpengaruh pada keberhasilan pembelajaran. Pembelajaran e-learning dapat menjadi salah satu alternatif dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran pada masa pandemi seperi sekarang ini. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka peneliti melakukan eksperimen terhadap siswa kelas VI di MI Miftahul Huda Jati Karangan Trenggalek untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran daring dengan e- learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Rumusan masalah pada penelitian ini: (1) Adakah pengaruh pembelajaran daring (e-learning) terhadap hasil belajar siswa kelas VI pada mata pelajaran Matematika di MI MIftahul Huda Jati Trenggalek.? (2) Seberapa besar tingkat pengaruhnya penggunaan pembelajaran daring (e-learning) terhadap hasil belajar siswa kelas VI pada mata pelajaran Matematika di MI Miftahul Huda Jati Trenggalek? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen semu dan desain penelitian one group pretest and posttest design. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Populasi penelitian ini semua siswa di kelas VI MI Miftahul Huda Jati Trenggalek. Teknik pengumpulan data adalah lembar tes, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh pembelajaran daring e-learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VI MI Miftahul Huda Jati Karangan Trenggalek. Hal ini ditunjukkan adanya perbedaan yang signifikan secara statistik antara hasil pretest dan posstest dari mata pelajaran matematika. (2) Hasil belajar siswa kelas VI untuk mata pelajaran matematika meningkat sebesar 25,92% yang semula rata-rata nilainya 71,47 menjadi 90 setelah diberi perlakuan pembelajaran secara e-learning. Selain itu ditunjukkan dari hasil uji Wilcoxon dimana positif ranks sebesar 13 yang artinya dari 17 anak, 13 diantaranya nilainya meningkat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Daring
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173236 Reynanda Anggela Claudya
Date Deposited: 26 Jan 2022 06:59
Last Modified: 26 Jan 2022 06:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24419

Actions (login required)

View Item View Item