NURIF FIQROTUL KIBTIYAH, 12201173185 (2022) PENERAPAN METODE BERNYANYI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN NAHWU DI PONDOK PESANTREN DARUN NUHAT SOLOKURO LAMONGAN. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (945kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (444kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (12MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (10MB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (3MB) |
||
Text
BAB VI'.pdf Download (731kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Skripsi yang berjudul “Penerapan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Nahwu Santri di Pondok Pesantren Darun Nuhat Solokuro Lamongan”, oleh Nurif Fiqrotul Kibtiyah, NIM 12201173185 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. Kata Kunci: Metode bernyanyi, Hafalan nahwu Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena, bahwa metode bernyanyi merupakan metode yang menyenangkan dan menarik untuk meningkatkan semangat belajar santri dalam menghafal. Maka peneliti akan memberikan gambaran mengenai pembelajaran dengan penerapan metode bernyanyi dalam meningkatkan kualitas hafalan nahwu santri, dari permasalahan ini peneliti tertarik untuk melaksanakan penelitian terhadap daya ingat santri di Pondok Pesantren Darun Nuhat Solokuro Lamongan. Fokus yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana persiapan penerapan metode bernyanyi dalam meningkatkan kualitas hafalan nahwu santri di Pondok Pesantren Darun Nuhat Solokuro Lamongan? (2) Bagiamana proses penerapan metode bernyanyi dalam meningkatkan kualitas hafalan nahwu di Pondok Pesantren Darun Nuhat Solokuro Lamongan? (3) Apakah hasil penerapan metode bernyanyi dapat meningkatkan kualitas hafalan nahwu di Pondok Pesantren Darun Nuhat Solokuro Lamongan? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pada penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Untuk meningkatkan kualitas hafalan nahwu santri untuk mencapai tujuan yang maksimal. Teknik analisis data yang dilakukan dengan cara (1) meredukasi, (2) menyajikan, dan (3) menyimpulkan. Hasil penelitian (1) persiapan penerapan metode bernyanyi meliputi 4 tahapan. Pertama membuat silabus. Kedua membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Ketiga mempersiapkan materi yang sesuai dengan lagu yang akan dinyanyikan. Keempat menggunakan bahan dalam proses pembelajaran. (2) proses penerapan metode bernyanyi, kegiatan awal dimulai dengan salam dan berdo’a bersama. Kegiatan inti ustadz mulai menggunakan metode bernyanyi dalam pembelajaran. Kegiatan penutup ustadz mengakhiri pembelajaran dengan penguatan materi yang telah disampaikan kemudian ditutup dengan berdo’a bersama-sama dan salam. (3) Hasil penerapan metode bernyanyi menunjukkan arah peningkatan yang baik. Dibuktikan dari hasil peningkatan kemampuan hafalan nahwu melalui nilai harian santri.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan Islam Pendidikan Islam > Pondok pesantren |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S1 12201173185 NURIF FIQROTUL KIBTIYAH |
Date Deposited: | 28 Jan 2022 04:23 |
Last Modified: | 28 Jan 2022 04:23 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24427 |
Actions (login required)
View Item |