IMPLEMENTASI STRATEGI MARKETING SYARIAH DALAM MENINGKATKAN NASABAH PRODUK PEMBIAYAAN DANA HAJI (Studi Kasus PT Bank Panin Dubai Syariah Kantor Cabang Unit Malang)

FANIA RIZKA PUTRI MEIDIANA, 12401173289 (2021) IMPLEMENTASI STRATEGI MARKETING SYARIAH DALAM MENINGKATKAN NASABAH PRODUK PEMBIAYAAN DANA HAJI (Studi Kasus PT Bank Panin Dubai Syariah Kantor Cabang Unit Malang). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Strategi Marketing Syar iah dalam Meningkatkan Nasabah Produk Pembiayaan Dana Haji (Studi Kasus Bank Panin Dubai Syariah Kantor Cabang Unit Malang)” ditulis oleh Fania Rizka Putri Meidiana, NIM. 12401173289 Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dibimbing oleh Bapak Ahmad Supriyadi M.Pd.I. Penelitian ini di latarbelakangi dari strategi marketing yang merupakan suatu wujud rencana dalam pemasaran. Untuk memeperoleh hasil yang optimal. Bank Panin Dubai Syariah merupakan layanan keuangan syariah yang mempunyai produk unggulan yaitu produk pembiayaan dana haji. Dalam 4 tahun terakhir nasabah pembiayaan dana haji yang selalu meningkat, penelitian ini membahas mengenai implementasi strategi marketing syariah dalam meningkatkan nasabah produk pembiayaan dana haji. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana implementasi strategi marketing syariah dalam meningkatkan nasabah produk pembiayaan dana hajidi Bank Panin Dubai Syariah KCU Malang? 2) bagaimana kendala dan solusi yang diberikan dalam pengimplementasian strategi marketing syariah di Bank Panin Dubai Syariah KCU Malang? Penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Data disajikan dengan menggunakan teks yang bersifat naratif. Penelitian ini dilaksanakan dalam waktu 2 bulan dilaksanakan di Bank Panin Dubai Syariah KCU Malang dengan Narasumber adalah Bapak Luthfi Abdillah sebagai pimpinan cabang, dan Ibu Amalia Hidayah sebagai marketing, dan Ibu Muntatiah yaitu Nasabah Pembiayaan Dana Haji. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Bank Panin Dubai Syariah KCU Malang dalam implementasi strategi marketing syariah untuk meningkatkan nasabah produk pembiayaan dana haji yaitu dengan berlandaskan teori yang paling efektif menerapkan bauran pemasaran atau Marketing Mix 4P (Product, Price, Place, Promotion). 2) Kendala dan Solusi dalam implementasi strategi marketing syariah dalam meningkatkan nasabah produk pembiayaan dana haji Bank Panin Dubai Syariah KCU Malang yaitu meliputi a). Kurangnya personil dalam proses kegiatan marketing. Dengan demikian perbankan mempunyai solusi untuk mengurangi kendala yang dialami marketing yaitu mempunyai agen agen haji yang diterapkan ke berbagai cabang sehingga dapat mempermudah proses marketingnya. b). Minimnya pengetahuan masyarakat terdapat produk yang dimiliki Bank Panin Dubai Syariah dengan memberikan solusi yaitu membangun jaringan dengan terjun langsung ke majelis pengajian umum, mengadakan seminar ke berbagai kantor atau lembaga religius dengan tujuan memperkenalkan sistem dan skema produk yang dimiliki Bank Panin Dubai Syariah KCU Malang. Kata Kunci: Nasabah, Pembiayaan Dana Haji, Strategi Marketing Syariah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Nasabah
Ekonomi > Perbankan Syariah
Ekonomi > Strategi Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: S1 12401173289 FANIA RIZKA PUTRI MEIDIANA
Date Deposited: 28 Jan 2022 05:11
Last Modified: 28 Jan 2022 05:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24479

Actions (login required)

View Item View Item