STRATEGI GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DI MTs IMAM AL-GHOZALI PANJEREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG

YUNITA NURFADILA, 12201173111 (2021) STRATEGI GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DI MTs IMAM AL-GHOZALI PANJEREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (764kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Aqidah Akhlak Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Di MTs Imam Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Yunita Nurfadila, NIM. 12201173111, pembimbing Dr. H. Abd. Aziz, M. Pd. I Kata Kunci: Strategi Guru Aqidah Akhlak, Motivasi Belajar Melihat proses belajar mengajar di MTs Imam Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung sekarang memiliki motivasi yang berbeda, sehingga dalam pencapaiannya dalam memahami mata pelajaran Aqidah Akhlak juga berbeda pula. Guru perlu memilih strategi yang tepat untuk meningkatkan motivasi belajar terhadap anak didiknya. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan guru aqidah akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar di MTs Imam Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung? (2) Bagaimana pelaksanaan guru aqidah akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar di MTs Imam Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung? (3) Bagaimana evaluasi guru akidah akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar di MTs Imam Al Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung? Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Lokasi peneliti ini terletak di MTs Imam Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung . Data yang peneliti dapatkan adalah dari kepala sekolah dan guru mata pelajaran aqidah akhlak. Metode yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Paparan dan analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara menggunakan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan guru aqidah akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar di Madrasah Tsanawiyah Imam Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung adalah yang pertama dengan cara membuat atau persiapan administrasi seperti RPP meliputi motivasi, kita juga memberi apresiasi dan tujuan pembelajaran, kedua melalui pendekatan dengan siswa, ketiga melalui strategi khusus, dan keempat atau terakhir menggunakan media. (2) Pelaksanaan guru Aqidah Akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar di Madrasah Tsanawiyah Imam Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar, guru menggunakan strategi individu dan kelompok, berpenampilan rapi, menyampaikan materi dengan suara yang jelas, memberikan tugas, memberikan pujian, memberikan hadiah, kreatif dalam mengubah strategi sesuai dengan situasi dan kondisi, dan penggunaan media dan sumber belajar. (3) Evaluasi guru Aqidah Akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar di Madrasah Tsanawiyah Imam Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung yaitu perlu memperhatikan faktor pendukung dan faktor penghambat. Adapun faktor pendukungnya, yaitu 1) Tersedianya fasilitas yang memadai dan cukup. 2) Adanya peran orang tua yang turut andil dalam pembelajaran. Dan faktor penghambatnya, yaitu 1) kondisi atau latar belakang siswa itu sendiri. 2) ruang kelas yang kosong. 3) kurangnya dorongan dari gurunya, akan mengakibatkan siswa kurang termotivasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173111 YUNITA NURFADILA
Date Deposited: 28 Jan 2022 04:31
Last Modified: 28 Jan 2022 04:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24481

Actions (login required)

View Item View Item