Implementasi Metode Pembelajaran E-learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MI Bustanul Muta’alimin Kesamben Blitar

NUR AININ WULANDARI, 12205173180 (2022) Implementasi Metode Pembelajaran E-learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MI Bustanul Muta’alimin Kesamben Blitar. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (406kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (345kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (245kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (225kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (839kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (377kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul ”Implementasi Metode Pembelajaran E-learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MI Bustanul Muta’alimin Kesamben Blitar” ini ditulis oleh Nur Ainin Wulandari, NIM 12205173180, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing: Prof. Dr. H. Munardji, M.Ag. Kata Kunci: Metode Pembelajaran E-learning, Hasil Belajar Siswa Sebagai sebuah jaringan global, internet menjadikan batas ruang dan waktu semakin menipis. Kondisi dasar teknologi internet dan aplikasi yang berjalan diatasnya ini memungkinkan untuk dimanfaatkan dalam proses pendidikan, terutama sebagai sarana pembawa konten pendidikan (educational delivery medium). E-learning adalah proses pendidikan yang memanfaatkan fasilitas internet sebagai salah satu sarana dan media dalam pembelajaran. Metode pembelajaran online ini dalam penerapannya sangat efektif apabila tidak memungkinkan untuk melakukan pembelajran langsung tatap muka. Kemudian metode pembelajaran tersebut menjadi sebuah kebijakan dari Kementrian Pendidikan ditengah wabah virus mematikan yang berdampak pada dunia pendidikan di Indonesia saat ini. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan metode pembelajaran e-learning di MI Bustanul Muta'alimin Kesamben Blitar? (2) Apa saja Faktor penghambat implementasi metode pembelajaran e-learning di MI Bustanul Muta'alimin Kesamben Blitar? (3) Bagaimana cara mengatasi hambatan dalam implementasi metode pembelajaran e-learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa MI Bustanul Muta’alimin Kesamben Blitar? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yaitu kepala madrasah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data yaitu observasi penelitian, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dengan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan dan keajegan, dan triangulasi. Hasil penelitian. Pertama, metode pembelajaran e-learning diterapkan dengan sistem yang sangat sederhana hanya melalui whatsapp group, namun sebelum pelaksanaannya perlu persiapan perangkat pembelajaran seperti RPP dan perangkat elektronik seperti gawai, laptop serta jaringan internet yang memadai. Kedua, terdapat 3 hambatan dalam implementasi metode pembelajaran e-learning yaitu keterbatasan jaringan internet, beberapa guru kurang menguasai teknologi, dan kurangnya motivasi belajar siswa. Ketiga, cara mengatasi hamabatan keterbatasan jaringan dengan mendatangi rumah siswa untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka kemudian cara mengatasi hambatan yang kedua yaitu guru kurang menguasai teknologi dengan cara mengikuti pelatihan atau webinar tentang pengembangan metode pembelajaran e-learning, dan cara mengatasi hambatan yang terakhir yaitu dengan mencari tau faktor penyebab kurangnya motivasi belajar dan menjalin hubungan baik dengan orang tua siswa dan mengemas pembelajran sesederhana dan semenarik mungkin agar diminati siswa

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > E-Learning
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173180 Nur Ainin Wulandari
Date Deposited: 02 Feb 2022 05:17
Last Modified: 02 Feb 2022 05:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24484

Actions (login required)

View Item View Item