LAILATUL MUFIDAH, 12205173275 (2021) KREATIVITAS GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI MI MIFTAHUL ULUM PLOSOREJO KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER .pdf Download (3MB) |
||
|
Text
ABSTRAK .pdf Download (423kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI .pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I .pdf Download (514kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II .pdf Download (584kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III .pdf Download (472kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV .pdf Download (691kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V .pdf Download (278kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI .pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (233kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan Judul “Kreativitas Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar”, yang ditulis Lailatul Mufidah, NIM. 12205173275, Dosen Pembimbing: Muhammad Ridho Al-Qodri Sri Utomo, M.A Kata Kunci: Kreativitas Belajar, Kesulitan Belajar, Pembelajaran Matematika Kesulitan belajar siswa terjadi karena tidak paham akan apa yang ia pelajari. Siswa akan merasa cenderung merasa kesulitan belajar terutama pelajaran matematika karena pelajaran ini mengembangkan kemampuan bernalar melalui kegiatan penyelidikan . Dengan adanya guru yang kreatif maka aka tercipta suatu pemahaman yang mudah bagi siswa dalam memahami materi pelajaran matematika. Guru yang kreatif akan lebih mudah menemukan ide ide baru bagi pemecahan masalahyang terjadi pada siswa dan dapat menggali rasa ingin tahu yag lebih tinggi lagi pada pembelajaran matematika. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui jenis jenis kesulitan belajar yang dihadapi oleh siswa pada pelajaran matematika di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar. (2) untuk mengetahui upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada pelajaran matematika di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, sumber datanya adalah Guru kelas IV dan V MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar, guru kurikulum sekaligus Pembina olimpiade matematika dan juga siswa kelas IV dan V MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini sebagai berikut: pertama, jenis kesulitan yang dihadapi oleh siswa pada pelajaran matematika yakni: a) kesulitan belajar pada perkalian dan pembagian, karena belum matangnya hafalan yang dimiliki oleh siswa di kelas rendah, b) kurangnya minat belajar siswa, ini dikarenan mereka belum menguasai konsep matematika, c) daya tangkap siswa saat diberikan penjelasan, ini disebabkan karena kemamapuan setiap individu itu berbeda beda, d) kesulitan Bahasa dan membaca misal dalam soal cerita, ini terjadi karena kecenderungan siswa malas untuk membaca. Kedua, upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada pelajaran matematika yakni: a) Penggunaan metode pembelajaran, antara lain: metode ceramah, metode diskusi antar teman dan metode demonstrasi, b) Penggunaan model pembelajaran, antara lain: model pembelajaran kooperatif dan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning CTL, c) Penggunaan media pembelajaran, antara lain: media visual yaitu berupa gambar, buku dan benda benda yang ada disekitar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan > Kesulitan Belajar Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205173275 Lailatul Mufidah |
Date Deposited: | 28 Jan 2022 04:58 |
Last Modified: | 28 Jan 2022 04:58 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24494 |
Actions (login required)
View Item |