PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI TEMA KEBUTUHANKU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHAS ANAK KELOMPOK A DI TK PURNAMA GEMPOL

SITI MASRUROH, 12206173044 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI TEMA KEBUTUHANKU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHAS ANAK KELOMPOK A DI TK PURNAMA GEMPOL. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (706kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (456kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (499kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (233kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Tema Kebutuhanku Untuk Meningkatkan Bahasa Anak Kelompok A di TK Purnama Gempol” yang ditulis oleh Siti Masruroh, NIM. 12206173044, Pembimbing Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I. Kata Kunci: Media Pembelajaran Video Animasi, Tema Kebutuhanku, Meningkatkan Bahasa Video animasi termasuk dalam media pembelajaran audio visual. Media pembelajaran video animasi sangat dibutuhkan dalam pembelajaran. Dilakukannya penelitian ini karena kurangnya media pembelajaran yang digunakan guru pada proses pembelajaran didalam kelas, terutama pada tema kebutuhanku. Tujuan utama dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran video animasi tema kebutuhanku yang dapat meningkatkan bahasa anak dan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran video animasi tersebut. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan. Prosedur penelitian ini menggunakan prosedur penelitian pengembangan yang dikemukakan oleh Borg and Gall. Prosedur pengembangan Borg and Gall terdiri atas sepuluh langkah penelitian pengembangan, namun peneliti hanya menggunakan tujuh langkah yaitu: (1) penelitian dan pengumpulan masalah, (2) Perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba awal, (5) revisi produk, (6) uji coba lapangan, (7) revisi produk yang kemudian akan menjadi produk akhir yang berupa media pembelajaran video animasi tema kebutuhanku untuk meningkatkan bahasa anak kelompok A. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, kuesioner, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan untuk menganalisis kebututuhan kepada guru kelompok A di TK Purnama Gempol. Kuesioner digunakan untuk melakukan validasi media pembelajaran video animasi tema kebutuhanku oleh ahli media, ahli materi dan guru kelompok A di TK Purnama Gempol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran video animasi tema kebutuhanku unuk meningkatkan bahasa anak kelompok A di TK Purnama Gempol layak digunakan dalam pembelajaran. Hal ini dibuktikan melalui (1) validasi ahli media mendapatkan skor 3,54 dengan kategori sangat baik atau “layak”. (2) Validasi ahli materi mendapat skor 3,46 dengan kategori sangat baik atau “layak”. (3) Validasi instrumen respon guru memperoleh skor 3,72 dengan kategori sangat baik atau “layak”. (4) Uji coba awal mendapatkan skor 0,87 dengan kategori “layak”. (5) Uji coba lapangan mendapat skor 0,83 dengan kategori “layak”. Dengan demikian, media pembelajaran video animasi tema kebutuhanku yang dikembangkan sudah layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Anak
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206173044 SITI MASRUROH
Date Deposited: 02 Feb 2022 02:23
Last Modified: 02 Feb 2022 02:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24529

Actions (login required)

View Item View Item